EFEKTIFITAS STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV MIN 4 KEBUMEN

Ismilah Ardianingrum, 16204080046 (2018) EFEKTIFITAS STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV MIN 4 KEBUMEN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV MIN 4 KEBUMEN)
1620408004_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV MIN 4 KEBUMEN)
1620408004_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran yang melibatkan keaktifan peserta didik belum diimplementasikan sepenuhnya pada pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika masih pada tataran konsep dan drill latihan soal, sementara makna pembelajaran belum dirasakan peserta didik. Hal ini berimbas pada kebosanan peserta didik dalam belajar yang akhirnya berimbas pula pada hasil belajar matematika. Pembelajaran yang selama ini dilakukan masih berupa tekstual belum menggabungkan dengan konteks kehidupan sehari-hari. Berdasarkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning siswa mampu menyerap pelajaran apabila mereka menangkap makna dalam materi akademis yang mereka terima dan mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan dan pengalaman yang sudah mereka miliki sebelumnya. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui perbedaan strategi Contextual Teaching and Learning dan strategi pembelajaran konvensional dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan problem solving peserta didik kelas IV MIN 4 Kebumen. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 4 Kebumen dan merupakan penelitian kuantitatif dalam bentuk desain eksperimen murni (true-eksperimental design). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, pengamatan, kuesioner dan test. Metode analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan jenis statistik parametrik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari pada motivasi belajar kelas kontrol berdasarkan hasil uji t pada angket motivasi belajar diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000< 0,05. Nilai rata-rata angket motivasi belajar pada kelas eksperimen lebih baik yaitu sebesar 82,52 dari pada nilai rata-rata angket motivasi belajar kelas kontrol sebesar 69,25. (2)Kemampuan problem solving peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, berdasarkan hasil uji t pada soal kemampuan problem solving diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,05. Nilai rata-rata kemampuan problem solving pada kelas eksperimen lebih baik yaitu sebesar 51,94 dari pada nilai rata-rata kemampuan problem solving pada kelas kontrol sebesar 26,56

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Zainal Arifin, S.Pd.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching And Learning, Motivasi Belajar, pembelajaran matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 04 Sep 2020 10:01
Last Modified: 04 Sep 2020 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40841

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum