PENERAPAN METODE KETELADANAN DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KEJUJURAN DI PONDOK PESANTREN BINAUSAADAH MUHAMMADIYAH PANDOWAN GALUR KULON PROGO

Rujito, 16204080057 (2019) PENERAPAN METODE KETELADANAN DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KEJUJURAN DI PONDOK PESANTREN BINAUSAADAH MUHAMMADIYAH PANDOWAN GALUR KULON PROGO. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE KETELADANAN DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KEJUJURAN DI PONDOK PESANTREN BINAUSAADAH MUHAMMADIYAH PANDOWAN GALUR KULON PROGO)
16204080057_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE KETELADANAN DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI KEJUJURAN DI PONDOK PESANTREN BINAUSAADAH MUHAMMADIYAH PANDOWAN GALUR KULON PROGO)
16204080057_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Fitrah seorang anak berupa suatu keinginan atau hasrat yang mendorong jiwa anak untuk mencontoh atau menirukan perilaku orang lain. Maka dari itu bukan suatu hal yang tabu jika banyak anak juga menjadikan hal-hal yang menurut orang dewasa tidak baik justru menjadi subyek yang dicontoh anak. Anak yang tinggal di Pondok Pesantren pada awalnya merasa kurang mendapat perhatian, karena anak harus beradaptasi terlebih dahulu dengan suasana di Pondok yang mana anak dituntut untuk mandiri. Anak akan berusaha mencari perhatian guna mendapatkan figur yang mereka jadikan teladan. Namun terkadang anak menggunakan cara yang salah untuk mencari perhatian dari orang terdekatnya yang justru menyebabkan mereka melanggar norma. Seperti anak di pondok yang suka mengambil barang yang bukan miliknya. Metode keteladanan atau metode Keteladanan ini dianggap besar pengaruhnya terhadap keberhasilan dalam menanamkan nilai kejujuran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana bagaimana penerapan metode Keteladanan dalam pembentukan nilai-nilai kejujuran, mengetahui kendala dalam penerapan metode Keteladanan dalam pembentukan nilai-nilai kejujuran, upaya pengasuh untuk mengatasi kendala dalam penerapan metode Keteladanan dalam pembentukan nilai-nilai kejujuran di Pondok Pesantren Binausaadah Muhammadiyah Pandowan Galur Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber penelitiannya adalah pengasuh, pengajar serta para santri. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode keteladanan yaitu suatu metode pendidikan dengan memberikan contoh yang baik kepada peserta didik, baik melalui perkataan maupun perilaku. Kejujuran merupakan pekerti mulia dan kedustaan adalah akhlak tercela, karena kejujuran adalah sumber kebaikan. x Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode Keteladanan dalam pembentukan nilai-nilai kejujuran di Pondok Pesantren Binausaadah Muhammadiyah Pandowan meliputi proses penerapan metode Keteladanan melalui dua bentuk, yaitu secara langsung melalui ucapan dan perilaku pengasuh dan para ustadz dan secara tidak langsung yaitu melalui cerita-cerita keteladanan yang disampaikan oleh pengasuh maupun ustadz. Kendala yang dihadapi meliputi kendala yang berasal dari diri santri yakni dari sifat dan kebiasaan buruk yang dibawa dari rumah dan dari lingkungan sekitar santri. Dalam mengatasi kendala tersebut, pengasuh dan ustadz melakukan beberapa upaya yaitu dengan memahami perbedaan sifat santri dan mengingatkan serta memberikan nasihat kepada santri untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang dibawa dari rumah. Untuk kendala dari faktor lingkungan dengan memberikan pengertian hal-hal baik dan buruk di lingkungan sekitar santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Suyadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, metode keteladanan, Pondok pesantren Binausaadah Muhammadiyah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User / Editor: Wahyani , MIP
Date Deposited: 04 Sep 2020 13:55
Last Modified: 04 Sep 2020 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40872

Actions (login required)

View Item View Item