PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Yogyakarta)

IMAM MAHRUS - NIM. 05470025 , (2010) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Yogyakarta))
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Yogyakarta))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural (studi kasus di SMA N 3 Yogyakarta), mengkaji tentang keberagaman multkultural dan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pendidikan di lingkungan sekolah tersebut. Hal ini dikarenakan ketertarikan penyusun terhadap tema ini. Pendidikan multikultural yang masih sebatas konsep teori dalam literatur dan diskusi, mencoba untuk ditarik dalam realita atau praktiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang keberagaman dan peran guru PAI dalam menerapkan pendidikan multikultural di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan bahan pertimbangan bagi guru maupun staf sekolah dalam mewujudkan pendidikan multikultural dalam sebuah lembaga pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kondisi warga di SMA N 3 Yogyakarta cukup beragam. Adanya bermacam-macam etnis, agama, status sosial, intelegensi, pola pikir, pada sebuah lembaga pendidikan. (2) Peran guru PAI dalam usahanya menerapkan pendidikan multikultural telah sesuai dengan maksud dan tujuan pendidikan multikultural. Hal ini berdasar pada kegiatan belajar mengajar yang sudah dapat mengindikasikan bahwa guru secara umum sudah menerapkannya. Selain itu, interaksi sosial dengan para guru dan karyawan berjalan dengan baik dan toleran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Sibawaihi, M.Ag. 2. M. Agus Nuryatno, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Multikultural, guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 04 Sep 2012 08:31
Last Modified: 28 Apr 2016 02:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4088

Actions (login required)

View Item View Item