PENGEMBANGAN GAME TEBAK GAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMK MA’ARIF AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

FATIHA KHAIRUNNISA, NIM: 15420045 (2019) PENGEMBANGAN GAME TEBAK GAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMK MA’ARIF AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN GAME TEBAK GAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMK MA’ARIF AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420045_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN GAME TEBAK GAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMK MA’ARIF AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420045_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Fatiha Khairunnisa. 15420045. Pengembangan Game Tebak Gambar Sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas X SMK Ma’arif Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah siswa mengalami frustasi karena harus mengingat kembali kosakata bahasa Arab. Hal ini disebabkan kurangnya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran. Oleh karena itu, muncullah ide untuk mengembangkan media game tebak gambar dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game tebak gambar bahasa Arab, mengetahui kelayakan game tebak gambar sebagai media pembelajaran, dan mengetahui penerapan game tebak gambar dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas X SMK Ma‟arif Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan menurut Brog dan Gall. Pengembangan media dalam penelitian ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dari dosen jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kualitas media ialah angket. Penilaian media dilakukan oleh satu peer reviewer dan 32 siswa kelas X SMK Ma‟arif Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil validasi dari ahli media, ahli materi, peer reviewer dan siswa adalah presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: validasi dari ahli media memperoleh penilaian kategori “Baik” dengan presentase sebesar 76,67%, angket ahli materi 93,85% yang berkategori “Sangat Baik”, angket peer reviewer 90% yang berkategori “Sangat Baik”, dan angket siswa 84,38% termasuk dalam respon “Positif”. Selain itu terdapat peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil pre test (47) skala terbatas, (47) skala luas dan hasil post test (86) skala terbatas, (83) skala luas. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa game tebak gambar bahasa Arab layak digunakan dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab untuk siswa kelas X.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Game Tebak Gambar, Kosakata Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 16 Nov 2020 09:30
Last Modified: 16 Nov 2020 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40887

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum