DINAMIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 BAHASA ARAB DI MTS ASH-SHIDDIQIYAH KOTA BIMA SKRIPSI

NURWAHIDAH, NIM : 15420071 (2019) DINAMIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 BAHASA ARAB DI MTS ASH-SHIDDIQIYAH KOTA BIMA SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 BAHASA ARAB DI MTS ASH-SHIDDIQIYAH KOTA BIMA SKRIPSI)
15420071_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 BAHASA ARAB DI MTS ASH-SHIDDIQIYAH KOTA BIMA SKRIPSI)
15420071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

NURWAHIDAH, Dinamika Pengembangan Kurikulum 2013 Bahasa Arab di MTs Ash-Shiddiqiyah Kota Bima. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2019. Penelitian ini bermula dari ketertarikan penulis untuk mengkaji tentang Kurikulum 2013 dan beberapa problematika yang muncul dalam proses pengembangannya. Di samping itu, banyak penelitian terkait yang hanya mengungkap problematika implementasi kurikulum 2013, sehingga aspek pengembangannya yang lain seperti perencanaan, monitoring dan evaluasinya justru dilupakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan kurikulum 2013 bahasa Arab, untuk mengklasifikasi problematika pengembangan kurikulum 2013 bahasa Arab, serta untuk menganalisa faktor pendukung dan faktor penghambat setiap tahap dalam proses pengembangan kurikulum 2013 bahasa Arab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, verifikasi dan uji keabsahan data. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru bahasa Arab dan peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) proses pengembangan kurikulum 2013 bahasa Arab di MTs Ash-Shiddiqiyah terdiri atas empat tahapanyaitu proses perencanaan, proses implementasi, proses monitoring dan proses evaluasi; 2) Problematika Pengembangan kurikulum 2013 bahasa Arab di antaranya ialah guru bahasa Arab tidak pernah mengikuti pelatihan Bimtek K-13 sehingga pengetahuannya terkait K-13 terbatas, tidak adanya pendampingan dan evaluasi K-13 dari pihak pemerintah, dan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep pembelajaran K-13; 3) Faktor pendukung dalam pengembangan kurikulum 2013 bahasa Arab adalah ketersediaan buku, LCD, jaringan internet, dan penggunaan raport K-13. Sedangkan penghambatnya adalah keterbatasan SDM, keterbatasan sarana dan prasarana, sehingga guru mengalami kesulitan dalam berinovasi dan berkreasi ketika mengajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. R.Umi Baroroh,. M. Ag
Uncontrolled Keywords: Dinamika Kurikulum 2013, Bahasa Arab, MTs Ash-Shiddiqiyah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 16 Nov 2020 09:30
Last Modified: 16 Nov 2020 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40888

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum