EFEKTIFITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN MAHĀRAH AL-KALĀM SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019 SKRIPSI

PUTRI ISTIQOMAH, NIM : 15420111 (2019) EFEKTIFITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN MAHĀRAH AL-KALĀM SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019 SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN MAHĀRAH AL-KALĀM SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019 SKRIPSI)
15420111_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN MAHĀRAH AL-KALĀM SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019 SKRIPSI)
15420111_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (855kB)

Abstract

Putri Istiqomah. 15420111. Efektifitas Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Mahārah Al Kalām Siswa Kelas VII MTs N 4 Bantul Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Arab terutama pada keterampilan berbicara yang ada di MTs N 4 Bantul. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk menerapkan pedekatan saintifik dalam proses pembelajaran bahasa Arab untuk dijadikan sebuah acuan agar siswa bisa lebih aktif lagi dan mengalami semua proses belajar secara utuh. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, yang dilaksanakan di MTs N 4 Bantul, jenis penelitiannya adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tes dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest dengan model pretest dan posttest group design, objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada penguasaan keterampilan berbicara bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil uji independent sample t test yang menunjukkan bahwa Sig. 0,000 < 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahawa Ha diterima dan Ho ditolak. Selain itu, peneliti juga melakukan uji paired sample test dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menunjukkan bahwa nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian membuktikan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil analisis data,pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan mahārah al kalām siswa kelas VII MTs N 4 Bantul

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. R. Umi Baroroh., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Pendekatan Saintifik, Mahārah Al Kalām, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:46
Last Modified: 18 Nov 2020 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40895

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum