IDEOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KURIKULUM (STUDI KASUS SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)

Ahmad Wahyu Hidayat, 17204010046 (2019) IDEOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KURIKULUM (STUDI KASUS SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IDEOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KURIKULUM (STUDI KASUS SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA))
17204010046_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (IDEOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KURIKULUM (STUDI KASUS SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA))
17204010046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kehadiran sekolah Islam Terpadu yang digagas oleh para aktivis Muslim di Indonesia ini dapat dimaknai sebagai upaya menghadirkan pendidikan alternatif yang ditawarkan dalam menghadapi era global, yang tentu tidak bisa dilepaskan dari faktor ideologis. Ideologi tersebut mereka terjemahkan menjadi sebuah tujuan, visi, dan misi organisasi. Organisasi-organisasi keislaman tersebut mendirikan lembaga pendidikan. Di setiap lembaga pendidikan terdapat kurikulum yang tidak lepas dari ideologi yang mereka yakini. Salah satu yang menarik untuk diteliti adalah jejaring sekolah Islam terpadu yang berada di bawah satu konsorium Yayasan Mulia yang bernama Sekolah Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep ideologi pendidikan Islam dalam kurikulum studi kasus SMA IT Abu Bakar Yogyakarta dan bagaimana pengembangan ideologi pendidikan Islam dalam kurikulum studi kasus SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Ideologi pendidikan Islam adalah sebuah sistem ide dan pikiran, keyakinan, tradisi, serta prinsip-prinsip yang saling berkaitan yang dimiliki oleh kelompok sosial atau masyarakat dalam membentuk karakter organisasi sesuai nilai-nilai Islam, sehingga terdapat strategi dan langkah-langkah perjuangan sesuai acuan yang ada dalam sistem gerakan untuk melaksanakan usaha-usaha dan mencapai tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (Field Resarch) yang bersifat kualitatif. Adapun subyek penelitian ini yaitu Ketua Yayasan, Kepala Sekolah, Wakil Kurikulum dan Guru Pendidikan Agama Islam SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi serta mengunakan keabsahan data. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Konsep Ideologi Pendidikan Islam dalam Kurikulum SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, SMA IT itu mempunyai acuan ideologi al-Qur’an dan as-Sunah serta pemikiran Islam terpadu seperti salimul akidah artinya akidah yang selamat, sub intinya tidak percaya sama ramalan, matimul kulub (dalam hati) atau kekokohan hati, dalam Islam manusia ibarat dua sisi mata uang logam yang tidak mungkin dipisahkan. Hal ini diperkuat oleh misi agama Islam sebagai agama rahmatan lil’alamii. 2) Pengembangan ideologi dalam kurikulum di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta bisa dilihat dalam mata pelajaran sejarah Islam yang khusus membahas Turki Usmani, Siroh Nabawiyah, Tsaqofah dan Halaqah Tarbawi. Bisa dilihat saat merancang dan memasukan ideologi dalam tujuan pendidikan, materi, strategi dan penilaian dengan baik agar tercapai ideologi SMA IT Abu Bakar Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami, MA.
Uncontrolled Keywords: kurikulum PAI, Ideologi Pendidikan, SMA IT Abu Bakar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 09 Sep 2020 11:18
Last Modified: 09 Sep 2020 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40914

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum