PENDIDIKAN AKHLAK BERBASIS SULUK TAREKAT NAQSYABANDIYAH KHOLIDIYAH PONDOK PESANTREN AL-MANSHUR POPONGAN KLATEN

Setyo Pambudi, 17204011004 (2019) PENDIDIKAN AKHLAK BERBASIS SULUK TAREKAT NAQSYABANDIYAH KHOLIDIYAH PONDOK PESANTREN AL-MANSHUR POPONGAN KLATEN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AKHLAK BERBASIS SULUK TAREKAT NAQSYABANDIYAH KHOLIDIYAH PONDOK PESANTREN AL-MANSHUR POPONGAN KLATEN)
17204011004 COVER , BAB I , BAB IV DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AKHLAK BERBASIS SULUK TAREKAT NAQSYABANDIYAH KHOLIDIYAH PONDOK PESANTREN AL-MANSHUR POPONGAN KLATEN)
17204011004 BAB II DAN BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Permasalan dalam penelitian ini mengenai Pendidikan akhlak yang merupakan suatu yang sangat urgen dalam kehidupan manusia. Karena tanpa akhlak manusia akan menjadi buta dan tidak beradab. Bertitik tolak dari hal tersebut maka para pakar ahli pendidikan dan disesuaikan dengan konteks pendidikan kekinian, dengan harapan mampu untuk menyelesaikan permasalahan moral anak bangsa. Seperti korupsi, tawuran antar remaja, pergaulan bebas yang tidak terkontrol seperti sekarang ini. Akan tetapi konsep pendidikan modern belum mampu untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Terlebih yang dirasakan oleh generasi di zaman sekarang, munculnya pemicu dekandensi moral atau kegelisahan yang disebabkan karena kesibukan sehari-hari yang mengakibatkan terposirnya waktu hanya untuk kepentingan dunia saja, sedangkan untuk akhirat kurang mendapat perhatian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam SulukTarekat Naqsyabandiyah Kholidiyah yang terdapat di Pondok Pesantren Al-Manshur Popongan Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Subyek penelitianya adalah kepala madrasah, Mursyid/Badal, Salik.Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan kesimpulan. Hasilnya ajaran dan metode ketarekatan yang dikemas di dalam kegiatan suluk di pondok tersebut, benar-benar di dalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak diantaranya: akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap guru, akhlak terhadap dirisendiri dan akhlak terhadap sesama. Implementasinya ketika di dalam masyarakat orang yang mengikuti suluk akan bisa menerapkan: Ukhuwah Islamiyah, tawadhu’, ta’awun, husnuzzhan. Sehingga mampu menjawab permasalahan-permasalahan yang belum terpecahkan oleh teori-teori menurut pakar ahli diatas dan mampu menawarkan alternatif lain dalam mengatasi kemerosotan akhlak atau dekandensi moral yang dihadapi oleh beberapa generasi sekarang ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sedya Santosa, SS., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Suluk Tarekat Naqsyabandiyah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 09 Sep 2020 11:33
Last Modified: 09 Sep 2020 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40916

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum