PENDEKATAN MIKRO DAN MAKRO GURU KELAS DALAM MEMAHAMI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK KELAS 1D DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANTUL

Desiana Wahyuni, 17204080019 (2019) PENDEKATAN MIKRO DAN MAKRO GURU KELAS DALAM MEMAHAMI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK KELAS 1D DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANTUL. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN MIKRO DAN MAKRO GURU KELAS DALAM MEMAHAMI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK KELAS 1D DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANTUL)
17204080019 __BAB I _ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (59MB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN MIKRO DAN MAKRO GURU KELAS DALAM MEMAHAMI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK KELAS 1D DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BANTUL)
17204080019 __BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Berawal dari keingintahuan penulis terhadap pendekatan yang dilakukan guru untuk memahami karakteristik peserta didiknya pada kelas 1 MI, agar pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan harapan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya melakukan pendekatan untuk memahami karakteristik peserta didik, pendekatan-pendekatan yang dilakukan guru, karakteristik yang dihasilkan dari pendekatan yang dilakukan guru, serta faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan pendekatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subyek penelitiannya yaitu Kepala MIN 1 Bantul, guru kelas 1D, siswa kelas 1D, serta wali murid kelas 1D. Sedangkan objeknya yaitu pendekatan guru dalam memahami karakteristik peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas 1D MIN 1 Bantul. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan metode triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pentingnya memahami karakteristik peserta didik adalah menjadi acuan guru dalam menyiapkan strategi, metode, maupun pendekatan pembelajaran yang akan dilaksanakan, memahami karakteristik peserta didik merupakan bagian dari kompetensi pedagogik dan mengetahui karakteristik peserta didik juga merupakan prinsip dari pembelajaran tematik terpadu Kurikulum 2013. Pendekatan yang digunakan guru dalam memahami karakteristik peserta didiknya adalah pendekatan mikro dan pendekatan makro. Karakteristik yang dihasilkan dari pendekatan tersebut adalah dari faktor fisik, intellegensi, emosional, bakat, budaya, sosial, komunikasi, kecakapan bahasa, kecakapan motorik, kesiapan belajar, daya kreativitas, kecepatan belajar, sikap terhadap tugas belajar, minat, perasaan dalam belajar, dan gaya belajar. Faktor pendukung dalam melakukan pendekatan adalah motivasi dan kesadaran orang tua, pola hubungan yang sehat antara orang tua dan guru, sarana dan prasana yang lengkap, dan latar belakang pendidikan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah orang tua yang tertutup, peserta didik yang komunikasinya kurang transparan, dan kesibukan orang tua.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Karakteristik peserta didik, guru kelas, MIN 1 Bantul
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 09 Sep 2020 12:06
Last Modified: 09 Sep 2020 12:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40919

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum