PENGARUH PENGUASAAN MUFRODĀT TERHADAP HAFALAN ALQUR’AN SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KOMPLEK NURUSSALAM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014-2018

Mazarina Qisthina, NIM. 15420114 (2019) PENGARUH PENGUASAAN MUFRODĀT TERHADAP HAFALAN ALQUR’AN SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KOMPLEK NURUSSALAM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014-2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGUASAAN MUFRODĀT TERHADAP HAFALAN ALQUR’AN SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KOMPLEK NURUSSALAM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014-2018)
15420114_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGUASAAN MUFRODĀT TERHADAP HAFALAN ALQUR’AN SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KOMPLEK NURUSSALAM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014-2018)
15420114_ BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (548kB)

Abstract

MAZARINA QISTHINA. 15420114, Pengaruh Penguasaan Mufrodāt Terhadap Hafalan Alqur’an Santri Putri di Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Nurussalam Krapyak Yogyakarta Tahun Ajaran 2014-2018. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana kemampuan penguasaan mufrodāt dan pengaruh penguasaan mufrodāt yang ada pada santri Tahfidz Alqur’an di Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Nurussalam, karena dalam proses menghafal, ada beberapa penghafal yang menggunakan mufrodāt sebagai tanda guna melancarkan hafalan dan menambah wawasan bahasa Arab. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis dalam menyusun skripsi ini adalah field research dengan menggunakan analisa data kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Pengasuh, Pengurus Tahfidz, santri Tahfidz yang mempunyai basic bahasa Arab dan santri Tahfidz yang mempunyai basic umum (bahasa Arabnya minim). Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah observasi, teknik observasi yang digunakan adalah observasi langsung yakni dimana penulis mengadakan pengamatan secara langsung terhadap segala subyek yang diteliti, dan metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis berupa dokumentasi, observasi, tes dan interview. Hasil penelitian ini menunjukan : (1) Adanya pengaruh mufrodāt terhadap santri yang menghafalkan Alqur’an di Pondok Pesantren Almufrodāt dapat membantu para penghafal Alqur’an, salah satunya dapat mempercepat dan mempermudah dalam menghafalkan Alqur’an, hal ini dapat ditinjau dari hasil tes mufrodāt yang dilakukan oleh peneliti pada tanggal 26 Juli 2019, yang mendapatkan nilai 66-100 sebanyak 18 santri dari 25 santri. (3) Terdapat kegiatan yang mendukung dalam penguasaan mufrodāt, seperti kelas mufrodāt dan mengaji kitab kuning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Penguasaan mufrodāt, Hafalan Alqur’an
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:46
Last Modified: 18 Nov 2020 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40924

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum