PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOARD GAME “PUNOKAWAN” DALAM MENINGKATKAN MAHARATU AL-QIRA’AH DI MAN 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019

Elsa Navella, NIM.: 15420117 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOARD GAME “PUNOKAWAN” DALAM MENINGKATKAN MAHARATU AL-QIRA’AH DI MAN 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOARD GAME “PUNOKAWAN” DALAM MENINGKATKAN MAHĀRATU AL-QIRA’AH DI MAN 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420117_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOARD GAME “PUNOKAWAN” DALAM MENINGKATKAN MAHĀRATU AL-QIRA’AH DI MAN 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420117_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (957kB)

Abstract

Elsa Navella, 15420117. Pengembangan Media Pembelajaran Board Game “Punokawan” Dalam Meningkatkan Mahāratu Al- Qira’ah di MAN 4 Bantul Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis board game untuk meningkatkan mahāratu alqira’ah. (2) Mengetahui berpengaruh atau tidaknya media pembelajaran berbasis board game “Punokawan” terhadap peningkatan mahāratu al-qira’ah. Penelitian ini merupakan penelitian RnD (Research and Development). Prosedur pengembangan produk terdiri dari 10 tahapan, yakni penentuan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Subjek penelitian terdiri dari 5 siswa pada uji coba terbatas dan 28 siswa pada uji coba luas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Intrumen angket digunakan dalam validasi dengan menggunakan skala likert 4. Sedangkan instrumen tes digunakan untuk melihat pengaruh media terhadap peningkatan mahāratu al-qira’ah siswa. Teknik analisis data menggunakan gabungan teknik kualitatif dan kuantitatif. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : (1) produk media pembelajaran berbasis board game “Punokawan” berhasil dikembangkan dengan hasil validasi kategori B (baik) dengan prosentase dari ahli materi 69% dan ahli media 72%. (2) Produk media pembelajaran berbasis board game “Punokawan” berdasarkan uji wilcoxon mencapai nilai signifikansi 0,003 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media ini mampu meningkatkan mahāratu alqira’ah siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun., M.SI
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Board Game “Punokawan”, Game Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:46
Last Modified: 12 Jul 2022 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40925

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum