KONSELING INDIVIDU TERHADAP SISWA YANG MENGGUNAKAN ROKOK ELEKTRIK DI MTs N 8 SLEMAN YOGYAKARTA

Muslikhah Ayu Mustika Sari, NIM. 13220109 (2020) KONSELING INDIVIDU TERHADAP SISWA YANG MENGGUNAKAN ROKOK ELEKTRIK DI MTs N 8 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING INDIVIDU TERHADAP SISWA YANG MENGGUNAKAN ROKOK ELEKTRIK DI MTs N 8 SLEMAN YOGYAKARTA)
13220109_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSELING INDIVIDU TERHADAP SISWA YANG MENGGUNAKAN ROKOK ELEKTRIK DI MTs N 8 SLEMAN YOGYAKARTA)
13220109_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa siswa di MTs N 8 yang menggunakan rokok elektrik. Padahal rokok elektrik adalah suatu barang yang memiliki dampak negatif bagi penggunanya terutama bagi anak yang masih di bawah umur, maka diperlukan upaya untuk membantu siswa melalui konseling individu. Berdasarkan alasan tersebut, maka penulis tertarik untuk mengetahui tahap-tahap konseling individu terhadap siswa yang menggunakan rokok elektrik yang duduk di kelas VII pada tahun ajaran 2017/2018 di MTs N 8 Sleman Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling yaitu Ibu Wiwin Subiyarni Rahayu dan Bapak Sunu Purnomo yang merupakan guru bimbingan dan konseling MTs N 8 Sleman Yogyakarta dan empat orang siswa MTsN 8 Sleman Yogyakarta. Adapun pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yaitu menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahap-tahap konseling individu terhadap siswa yang menggunakan rokok elektrik yang duduk di kelas VII pada tahun ajaran 2017/2018 di MTs N 8 Sleman Yogyakarta adalah pertama, tahap analisis, yaitu mengumpulkan data dan informasi dari berbagai sumber. Kedua, tahap sintesis, yaitu menghubungkan dan merangkum data. Ketiga, tahap diagnosis, yaitu langkah untuk menemukan masalah. Keempat, tahap prognosis, yaitu langkah alternatif bantuan yang diberikan kepada siswa meliputi pertemuan antara guru bimbingan konseling dan siswa. Kelima, tahap konseling, yaitu inti dari pelaksanaan konseling yang meliputi 2 (dua) macam konseling yaitu incidental dan terprogram. Keenam, tahap follow up, yaitu langkah tindak lanjut dari proses konseling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abror Sodik, M. Si
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu dan Rokok Elektrik
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Sep 2020 10:05
Last Modified: 11 Sep 2020 10:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40960

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum