DAMPAK PEMBENTUKAN KELOMPOK KERJA KAMPUNG KELUARGA BERENCANA TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL DI DUSUN PLUBERAN DESA SUCEN KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG

INTAN DWI ARINI, NIM. 15250084 (2020) DAMPAK PEMBENTUKAN KELOMPOK KERJA KAMPUNG KELUARGA BERENCANA TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL DI DUSUN PLUBERAN DESA SUCEN KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PEMBENTUKAN KELOMPOK KERJA KAMPUNG KELUARGA BERENCANA TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL DI DUSUN PLUBERAN DESA SUCEN KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG)
15250084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PEMBENTUKAN KELOMPOK KERJA KAMPUNG KELUARGA BERENCANA TERHADAP KESEJAHTERAAN SOSIAL DI DUSUN PLUBERAN DESA SUCEN KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG)
15250084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Program Kampung KB merupakan bentuk inovasi pemerintah dalam menekan angka kelahiran sekaligus meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan sosial. Keberadaan Kampung KB berkembang pesat di berbagai wilayah, salah satunya Dusun Pluberan karena jumlah keikutsertaan KB rendah. Untuk mewujudkan keberhasilan Kampung KB dan menanggulangi kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan melalui program KKBPK dengan pembangunan lintas sektor di wilayah dusun, maka dibentuklah kelompok kerja Kampung KB. Kelompok tersebut diharapkan mampu mempercepat dan mempermudah pemberian pelayanan kepada masyarakat secara menyeluruh di Dusun Pluberan. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah dampak pembentukan kelompok kerja Kampung KB terhadap kesejahteraan sosial di Dusun Pluberan. Teori yan g digunakan adalah teori dampak, teori kependudukan, dan teori kesejahteraan sosial. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, sedangkan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan 12 informan yang terdiri dari 6 pengurus, 4 anggota kelompok, dan 2 masyarakat umum Kampung KB Dusun Pluberan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok kerja Kampung KB memberikan dampak positif dan negatif. Dampak positifnya mampu mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat di Dusun Pluberan dengan indikator pertama, kebutuhan dasar tercukupi dari sektor ekonomi mengalami peningkatan pendapatan. Dari sektor kesehatan mendapatkan pelayanan kesehatan dan meningkatkan kesadaran untuk hidup sehat. Dari sektor lingkungan, mengembangkan tata kelola lingkungan yang baik. Dari segi pendidikan, kebutuhan pendidikan tercukupi melalui kelompok belajar dan TPQ. Indikator kedua, permasalahan yang menghambat terwujudkan kesejahteraan sosial dapat dikelola dengan baik. Saat ini tidak ada lagi anak yang putus sekolah, selain itu pengadaan fasilitas umum seperti wc umum, bank sampah, dan kandang kelompok menunjang aktivitas masyarakat dengan maksimal. Indikator ketiga, kegiatan yang diberikan melibatkan masyarakat dari balita hingga lansia sehingga kesempatan sosial terbuka secara maksimal. Dampak negatifnya tidak terdapat di semua kelompok kerja sehingga tidak berpengaruh besar terhadap berlangsungnya kegiatan-kegiatan kelompok yang sudah ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Asep Jahidin, S.Ag., M. Si
Uncontrolled Keywords: Dampak Kelompok Kerja, Kampung KB, Kesejahteraan Sosial
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Sep 2020 10:21
Last Modified: 14 Sep 2020 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40977

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum