INTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA MELALUI TOKOH PANDAWA DI KELAS VI MI MUHAMMADIYAH SELO KULON PROGO

Puji Astuti, 16204080031 (2018) INTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA MELALUI TOKOH PANDAWA DI KELAS VI MI MUHAMMADIYAH SELO KULON PROGO. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA MELALUI TOKOH PANDAWA DI KELAS VI MI MUHAMMADIYAH SELO KULON PROGO)
16204080031_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA MELALUI TOKOH PANDAWA DI KELAS VI MI MUHAMMADIYAH SELO KULON PROGO)
16204080031_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan kebutuhan yang sangat vital pada era globalisas. Dampak negatif dan ketidaksiapan dalam menerima segala perubahan mengakibatkan peningkatan demoralisasi generasi bangsa. Agar bangsa ini terhindar dari keterpurukan, maka diperlukan upaya untuk membekali generasi muda menjadi generasi berkarakter kuat yang siap menghadapi segala perubahan di masa depan. Salah satu upaya yang tepat adalah memberikan pendidikan karakter secara intensif di sekolah melalui pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam setiap mata pelajaran dengan menyertakan kearifan budaya lokal setempat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter tokoh Pandawa dalam pembelajaran Bahasa Jawa, pengintegrasian nilai-nilai karakter, serta faktor pendukung dan penghambat pengintegrasian nilai-nilai karakter tokoh Pandawa dalam pembelajaran Bahasa Jawa di kelas VI MI Muhammadiyah Selo Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah peserta didik, guru kelas VI, dan kepala madrasah. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran merupakan proses memadukan nilai-nilai karakter tertentu terhadap konsep lain sehingga menjadi suatu kesatuan yang koheren dan tidak bisa dipisahkan, menjadi suatu kesatuan yang utuh dan padu. Bahasa Jawa adalah salah satu mata pelajaran muatan lokal yang wajib dilaksanakan di semua satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di Provinsi DIY. Mata Pelajaran Bahasa Jawa banyak memuat nilai-nilai karakter yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pertama, nilai-nilai karakter yang dapat diintegrasikan melalui tokoh Pandawa meliputi nilai karakter religius, jujur, percaya diri, tanggung jawab, dan disiplin; kedua, pengintegrasian nilai-nilai karakter melalui tokoh Pandawa dalam pembelajaran dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu tahap perencanaan yang meliputi menganalisis tema dan menganalisis SKL, KI, KD, melakukan pemetaan KI, KD, menyusun silabus, dan merancang RPP; tahap pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, serta tahap evaluasi. Ketiga, faktor pendukung pengintegrasian nilai-nilai karakter tokoh Pandawa dalam Pembelajaran Bahasa Jawa di kelas VI adalah guru, peserta didik, dan lingkungan. Faktor penghambatnya yaitu belum terpenuhinya sarana prasarana madrasah, belum tersedianya pedoman kurikulum muatan lokal Bahasa Jawa kurikulum 2013, dan belum tersedianya buku panduan materi Bahasa Jawa kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Sedya Santosa, SS., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Nilai Karakter, Tokoh Pandawa, Pembelajaran Bahasa Jawa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User / Editor: Wahyani , MIP
Date Deposited: 14 Sep 2020 14:44
Last Modified: 14 Sep 2020 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40985

Actions (login required)

View Item View Item