TERAPI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN SELF AWARENESS BAGI PECANDU NARKOBA DI PONDOK REMAJA INABAH XV PUTRA PONDOK PESANTREN SURYALAYA TASIKMALAYA JAWA BARAT

Syifa Dzikri Lestari, NIM. 16220004 (2020) TERAPI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN SELF AWARENESS BAGI PECANDU NARKOBA DI PONDOK REMAJA INABAH XV PUTRA PONDOK PESANTREN SURYALAYA TASIKMALAYA JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TERAPI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN SELF AWARENESS BAGI PECANDU NARKOBA DI PONDOK REMAJA INABAH XV PUTRA PONDOK PESANTREN SURYALAYA TASIKMALAYA JAWA BARAT)
16220004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (TERAPI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN SELF AWARENESS BAGI PECANDU NARKOBA DI PONDOK REMAJA INABAH XV PUTRA PONDOK PESANTREN SURYALAYA TASIKMALAYA JAWA BARAT)
16220004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kasus narkoba semakin meningkat, namun sangat jarang ditemui pecandu narkoba yang ingin melakukan rehabilitasi karena keinginan sendiri. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya self awareness atau kesadaran diri pecandu narkoba. Salah satu penangangan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan self awareness pecandu narkoba yaitu melakukan penyembuhan dengan terapi Islam. Terapi Islam merupakan penyembuhan yang dilakukan dengan berlandaskan ajaran agama Islam yang didasarkan dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. Salah satu lembaga yang menggunakan terapi Islam untuk menyembuhkan pecandu narkoba adalah Pondok Remaja Inabah XV Putra Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tujuannya untuk mengetahui tahap-tahap penyembuhan untuk meningkatkan kesadaran diri pecandu narkoba. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari humas, dua orang konselor sekaligus pembina, dan lima anak bina pecandu narkoba. Objek penelitian ini adalah tahap-tahap terapi Islam untuk meningkatkan self awareness bagi pecandu narkoba. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penyimpulan data. Sedangkan Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terapi Islam yang diterapkan di Pondok Remaja Inabah XV Putra Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya Jawa Barat melalui empat tahap yaitu pertama, tahap penerimaan terdiri dari wawancara, detoksifikasi, penempatan anak bina. Kedua, tahap perawatan merupakan tahap anak bina menjalani penyembuhan dengan berbagai ibadah. Ketiga, tahap pemantapan merupakan tahap pembiasaan diri anak bina, dan keempat, tahap pembinaan lanjutan (bina lanjut).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Abdullah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Terapi Islam, Self Awareness, Pecandu Narkoba
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Sep 2020 08:39
Last Modified: 15 Sep 2020 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40987

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum