PENGARUH PERAN GURU DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MIN 2 SLEMAN

Sri Sumartini, 1620480055 (2019) PENGARUH PERAN GURU DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MIN 2 SLEMAN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERAN GURU DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MIN 2 SLEMAN)
16204080055_BAB I_BAB VII_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERAN GURU DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MIN 2 SLEMAN)
16204080055_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Peran guru dalam pembentukan karakter peserta didik sangatlah penting, dengan pembiasaan yang dilakukan serta keteladanan yang diberikan berupa perilaku perilaku yang baik dalam segala kegiatan keseharian disekolah memungkinkan anak untuk memperhatikan, memahami, mengerti, meniru lalu menjadi kebiasaan yang melekat kuat pada diri peserta didik terbiasa melakukan sehingga jadi karakter yang melekat kuat pada diri peserta didik. Untuk itu dengan peran guru sebagai orang tua kedua disekolah mutlak diperlukan sebagai figur yang digugu dan ditiru. Pola asuh orang tua akan mewarnai perkembangan diri peserta didik, pola asuh sangat mempengarui pembentukan watak dan jati diri anak, karakter seorang anak tergantung pada penerapan pola asuhnya semenjak kecil. Artinya cara orang tua memperlakukan anaknya akan berpengaruh pada watak yang kelak terbentuk dan jati diri yang tumbuh dikemudian hari. Pembentukan karakter membutuhkan kesabaran dan ketekunan para pendidiknya yang harus didukung dengan keseimbangan antara pendidikan orang tua di rumah dengan pendidikan di sekolah. Karena kebanyakan dari orang tua senantiasa menyerahkan sepenuhnya pada proses pendidikan di sekolah serta menuntut lebih cepat adanya perubahan pada diri anak yang lebih baik tanpa menghiraukan proses yang harus dilalui secara bertahap. Terkait dengan hal ini maka pembentukan karakter siswa menjadi sangat penting, penelitian ini dilaksanakan untuk mendalami pengaruh peran guru dan pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter siswa. Penelitian kuantitatif asosiastif ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Sleman Yogyakarta. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen angket yang dalam pengujian kelayakannya terbukti valid (r > 0.3) dan reliabel (alpha > 0.7). Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda: Y = 14.047 + 0.497X1 + 0.910X2, Peran guru (x1) berpengaruh signifikan (t= 2.954, p < 0.05) terhadap pembentukan karakter siswa; Pola asuh orang tua berpengaruh signifikan (t= 3.952, p < 0.05) terhadap pembentukan karakter siswa; Kedua independen secara simultan berpengaruh signifikan (F= 19.245, p < 0.05) terhadap pembentukan karakter siswa, dengan determinasi 55.9%. Peran guru dan pola asuh orang tua terbukti berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Sleman Yogyakarta. Kontribusinya secara statistik dapat dijelaskan sebesar 58.87%, dimana pola asuh orang tua memberi kontribusi lebih tinggi (β= 0.910) dibanding peran guru (β= 0.497).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, peran guru, pola asuh orang tua
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User / Editor: Wahyani , MIP
Date Deposited: 15 Sep 2020 11:01
Last Modified: 15 Sep 2020 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40994

Actions (login required)

View Item View Item