PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK DOLPIN (DOLANAN PINTAR) UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA RAUDLATUL ATHFAL AN-NUR DESA BALEREJO KEBONSARI MADIUN

SITI ROHMAH SA’ADAH, 1520431015 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK DOLPIN (DOLANAN PINTAR) UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA RAUDLATUL ATHFAL AN-NUR DESA BALEREJO KEBONSARI MADIUN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK DOLPIN (DOLANAN PINTAR) UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA RAUDLATUL ATHFAL AN-NUR DESA BALEREJO KEBONSARI MADIUN)
1520431015_BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK DOLPIN (DOLANAN PINTAR) UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA RAUDLATUL ATHFAL AN-NUR DESA BALEREJO KEBONSARI MADIUN)
1520431015_BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengalaman dan pengamatan lapangan. Belum banyak lembaga penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini memiliki Alat permainan yang multifungsi yang dapat mengembangkan Aspek Perkembangan Kognitif sekaligus dapat mengembangkan Aspek Sosial. Kebutuhan APE untuk mengembangkan aspek kognitif dan aspek sosial emosional diperlukan di lembaga RA An-Nur, karena aspek kognitif dan aspek sosial belum dapat berkembang sesuai dengan standar Tingkat Pencapaian perkembangan anak, untuk itu peneliti mengembangkan Kotak Dolpin untuk meningkatkan aspek kognitif dan aspek sosial. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan tujuan untuk mengembangkan Media pembelajaran berupa Kotak Dolpin (Dolanan Pintar) serta untuk mengetahui efektifitasnya Kotak Dolpin dalam meningkatkan aspek perkembangan kognitif dan Aspek Sosial. Proses penelitian ini dimulai dari perencanaan, desain dan pengembangan. Validasi terdiri dari dua, validasi produk oleh ahli media dan validasi materi oleh ahli materi. Para ahli memberikan penilaian dan saran terhadap produk yang dikembangkan. Selanjutnya diujicobakan pada skala kecil. Setelah itu produk digunakan untuk uji coba skala besar, peneliti juga mengumpulkan respon guru dan saran untuk acuan perbaikan produk sehinngga menjadi produk akhir. Hasil validasi ahli media dan ahli materi pengembangan tersebut diperoleh skor kelayakan, dari ahli materi dengan skor 4,14 dengan kategori baik, sedangkan ahli media memberikan skor 3,50 dengan kategori baik. Penghitungan N-gain pada aspek kognitif di kelas terbatas diperoleh 8 skor tinggi, dan 2 skor, sedangkan pada kelas skala luas didapatkan seluruhnya interpretasi tinggi. Penghitungan N-gain pada aspek Sosial Emosional didapatkan 7 interpretasi tinggi dan 3 interpretasi sedang. Pada skala kelas luas diperoleh 10 dengan interpretasi tinggi dan 10 dengan interpretasi sedang. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan produk Kotak Dolpin yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media belajaran dalam meningkatkan Aspek Perkembangan Kognitif dan aspek Sosial Emosional. Dengan media kotak dolpin siswa RA An-Nur masih ingin terus bermain dengan kotak dolpin walaupun jam pembelajaran sudah selesai. Dan terdapat peningkatan dalam aspek sosial emosional yang dapat terlihat dengan jelas kerjasama siswa saat bermain dengan Kotak Dolpin meningkat dan dapat mempengaruhi sikap dan perilaku siswa RA An-Nur.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kotak Dolpin, perkembangan Kognitif anak, perkembangan Sosial anak
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 15 Sep 2020 11:18
Last Modified: 15 Sep 2020 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40996

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum