BISNIS JUAL BELI SEPEDA MOTOR LEWAT MAKELAR BERDASARKAN PERSPEKIF ISLAM (STUDI KASUS DI SHOWROOM MANSYUR JAYA MOTOR MAGUWOHARJO)

ROFIQI APRISMA PUTRA, NIM. 13380058 (2020) BISNIS JUAL BELI SEPEDA MOTOR LEWAT MAKELAR BERDASARKAN PERSPEKIF ISLAM (STUDI KASUS DI SHOWROOM MANSYUR JAYA MOTOR MAGUWOHARJO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BISNIS JUAL BELI SEPEDA MOTOR LEWAT MAKELAR BERDASARKAN PERSPEKIF ISLAM (STUDI KASUS DI SHOWROOM MANSYUR JAYA MOTOR MAGUWOHARJO))
13380058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BISNIS JUAL BELI SEPEDA MOTOR LEWAT MAKELAR BERDASARKAN PERSPEKIF ISLAM (STUDI KASUS DI SHOWROOM MANSYUR JAYA MOTOR MAGUWOHARJO))
13380058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Jual beli kendaraan bermotor salah satunya adalah sepeda motor dapat dilakukan dengan cara cash atau kredit, langsung atau melalui perantara (makelar). Dalam islam makelar disebut dengan istilah (samsarah) adalah orang yang menjadi perantara antara pihak penjual dan pembeli guna melancarkan transaksi jual beli. Dengan adanya perantara maka pihak penjual dan pembeli akan lebih mudah dalam bertransaksi, baik transaksi berbentuk jasa maupun berbentuk barang. Penelitian ini mengkaji mengenai pandangan hukum islam terhadap profesi makelar, dan tata cara menjadi makelar yang diperbolehkan dalam islam. Penelitian ini adalah penelitian normatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pendekatan masalah yang digunakan adalah pendekatan normatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan wawancara langsung sebagai data pendukung. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kuantitatif. Hasil menunjukkan hukum islam memperbolehkan profesi makelar (samsarah). Akan tetapi dalam islam terdapat beberapa ketentuan yang menjadikan profesi samsarah ini halal. Diantaranya adalah kejelasan mengenai kondisi barang yang diperjual-belikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SAIFUDDIN, SHI., MSI.
Uncontrolled Keywords: Makelar (samsarah), Transaksi jual beli melalui makelar berdasarkan prespektif islam.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Sep 2020 10:58
Last Modified: 18 Sep 2020 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41030

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum