MANAJEMEN SEKOLAH TERINTEGRASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 KOTA YOGYAKARTA

Atika, S.Pd.I, NIM. 17204010009 (2019) MANAJEMEN SEKOLAH TERINTEGRASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 KOTA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN SEKOLAH TERINTEGRASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 KOTA YOGYAKARTA Oleh: Atika, S.Pd.I NIM. 17204010009 TESIS Diajukan kepada)
17204010009_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (41MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN SEKOLAH TERINTEGRASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 KOTA YOGYAKARTA Oleh: Atika, S.Pd.I NIM. 17204010009 TESIS Diajukan kepada)
17204010009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (666kB)

Abstract

Atika. Manajemen Sekolah Terintegrasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Kota Yogyakarta. Tesis. Program Magister Pendidikan Agama Islam Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2019. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) lahir dari adanya gerakan nasional pendidikan karakter yang sejak tahun 2010 masih belum berhasil mengantarkan generasi bangsa menjadi pribadi yang memiliki tingkat karakter yang baik. Dunia pendidikan Indonesia masih diwarnai oleh berbagai penyakit sosial terutama bullying dan physical fight and attacks. Implementasi kebijakan PPK diharapkan mampu mengurangi krisis moral siswa dan meningkatkan kualitas karakter siswa. Sekolah pilot project PPK juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya untuk turut serta melaksanakan kebijakan PPK. Kajian manajemen sekolah terintegrasi PPK di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Kota Yogyakarta bertujuan untuk mengetahui (1) kegiatan pendidikan karakter di sekolah pilot project PPK, (2) pengelolaan sekolah yang terintegrasi program PPK, dan (3) implikasi program PPK bagi SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Kota Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui: (1) dokumentasi, (2) observasi, (3) wawancara mendalam dengan kepala sekolah, ketua bidang, dan guru kelas. validasi data dengan triangulasi teknik dan sumber serta menggunakan analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, penunjukan SD Muhammadiyah menjadi sekolah pilot project PPK merupakan apresiasi pemerintah terhadap beragam kegiatan pendidikan karakter di sekolah dengan tiga program khusus PPK yang tergabung dalam Kelompok Karakter, yaitu Polisi Cilik/PKS (Polisi Ketertiban Sekolah), Dokter Cilik, dan Pustakawan Cilik. Sekolah memiliki potensi dan keunikan yang relevan dengan PPK seperti sekolah adiwiyata dan budaya hidup Islami. Kedua, pengelolaan sekolah berintegrasi dengan pendidikan karakter dengan mengimplementasikan fungsi manajemen George R. Terry, yaitu perencanaan yang sistemik-integratif, pengorganisasian terstruktur, pelaksanaan dengan integrasi PPK pada kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler melalui program PPK basis kelas, program PPK basis budaya hidup Islami dan program PPK basis masyarakat, dan pengawasan dengan pola koordinasi dan evaluasi terstruktur. Proses evaluasi dan monitoring program PPK masih terbatas pada kurikulum dan dilakukan melalui pembinaan pengawas di sekolah. Kendala yang umum dihadapi sekolah adalah penilaian sikap siswa yang belum terdokumentasi, kurangnya pemahaman guru untuk mengimplementasikan pendidikan karakter melalui kegiatan di kelas dan masih kurangnya dukungan dari pemerintah dalam sosialisasi atau pelatihan bagi pengelola sekolah. Ketiga, program PPK berimplikasi pada tiga hal, yaitu kebijakan sekolah berupa kurikulum berbasis karakter, sistem manajemen pendidikan karakter yang sistemikintegratif, dan kualitas siswa yang berkarakter excellent academic dan religious awareness. Praksis PPK bagi siswa SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Kota Yogyakarta sudah menjadi pembiasaan dan penanaman karakter yang dilakukan secara konsisten secara bertahap terinternalisasi dalam diri siswa. Implementasi program PPK di sekolah juga meningkatkan brand sekolah sebagai “sekolah karakter” yang berkomitment membentuk siswa menjadi generasi milenial cerdas dan berkarakter menuju generasi emas 2045.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Zainal Arifin, M.SI
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Excellent Academic and Religious Awareness
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:48
Last Modified: 18 Nov 2020 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41055

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum