PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 6 BANTUL YOGYAKARTA

Fitra Hayani, S.Pd, NIM: 17204010013 (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 6 BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 6 BANTUL YOGYAKARTA)
17204010013_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MAHĀRAH AL-QIRĀ’AH BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 6 BANTUL YOGYAKARTA)
17204010013_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Fitra Hayani, Pengembangan Instrumen Tes Mahārah al-Qirā’ah berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk Siswa Kelas VIII MTs Negeri 6 Bantul. Tesis: Yogyakarya. Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab. Prodi Pendidikan Agama Islam, Progam Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen tes mahārah al-Qirā’ah berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS), mengetahui hasil validasi para ahli terhadap instrumen tes yang dikembangkan dan mengetahui kelayakan instrumen tes yang dikembangkan tersebut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Sugiyono.Untuk mengetahui kelayakan produk menurut para ahli, penulis menggunakan tabel kriteria kualitas butir soal yang disusun berdasarkan interval skor angket, dengan kategori BS (Baik Sekali), B (Baik), S (Sedang), dan KB (Kurang Baik). Untuk mengetahui kelayakan produk berdasarkan ujicoba lapangan , penulis menggunakan bantuan aplikasi SPSS 16 dan program AnBuso 8.0. Uji kelayakan yang dilakukan berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, uji daya beda dan uji keberfungsian distraktor. Soal yang diujicobakan berjumlah 40 butir soal. Adapun subjek ujicoba yaitu siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Bantul yang berjumlah 54 orang siswa. Hasil validasi dari para ahli, didapatkan skor total dari validator pertama sebesar 108, dari validator kedua didapatkan skor total sebesar 96, dari praktisi pertama didapatkan skor total sebesar 100 dan dari praktisi kedua didapatkan skor total sebesar 108. Hasil ini menunjukkan bahwa, menurut para ahli produk yang dikembangkan memiliki kualitas sangat baik. Hasil uji kelayakan dari 40 butir soal yang diujicobakan, untuk tingkat kesukaran diketahui bahwa soal dengan kategori mudah berjumlah 19 butir soal (47%), soal dengan kategori sedang sebanyak 20 butir soal (50%) dan soal dengan kategori sulit sebanyak 1 soal (3%). Untuk daya beda diketahui bahwa sebanyak 34 butir soal (85%) memiliki daya beda baik dan 6 butir soal (15%) memiliki daya beda tidak baik. Analisis keberfungsian distraktor menunjukkan bahwa 18 butir soal (45%) memiliki pengecoh bernilai baik, 4 butir soal (10%) memiliki pengecoh bernilai cukup baik, 12 butir soal (30%) perlu dilakukan revisi pada pengecoh dan 6 butir soal (15%) memiliki kualitas pengecoh tidak baik. Dari uji validitas diketahui sebanyak 34 butir soal (85%) bernilai signifikan dan valid dan 6 butir soal (15%) bernilai tidak signifikan atau tidak valid. Dari uji reliabilitas diketahui tingkat reliabilitas sebesar 0,874, artinya produk yang dikembangkan memiliki tingkat reabilitas yang tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Tes, Maharah qira’ah, Bahasa Arab, Higher Order Thinking Skill
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:49
Last Modified: 18 Nov 2020 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41057

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum