IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MUTU DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN KELEMBAGAAN DI PONDOK MODERN AL-ISLAM NGANJUK

Yudiawan, 17204010024 (2019) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MUTU DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN KELEMBAGAAN DI PONDOK MODERN AL-ISLAM NGANJUK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MUTU DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN KELEMBAGAAN DI PONDOK MODERN AL-ISLAM NGANJUK)
17204010024_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MUTU DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN KELEMBAGAAN DI PONDOK MODERN AL-ISLAM NGANJUK)
17204010024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)

Abstract

Yudiawan.“Implementasi Manajemen Berbasis Mutu dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Kelembagaan di Pondok Modern Al-Islam Nganjuk”. Tesis, Yogyakarta: Program Magister (S2) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitiaan ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan didalam pengimplementasian manajemen berbasis mutu di Pondok Modern Al-Islam Nganjuk. Permasalahan dalam pelaksanaan manajemen berbasis mutu tentu akan mempengaruhi bagaimana perkembangan kelembagaan disana. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui bagaimana penerapan manajemen berbasis mutu di Pondok Modern Al-Islam Nganjuk, 2). Mengetahui bagaimana dampak manajemen berbasis mutu terhadap berkembangnya kelembagaan Pondok Modern Al-Islam Nganjuk. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif di lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif analitik. Kemudian penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus Pondok Modern Al-Islam Nganjuk, dan santri nya. Sedangkan, yang menjadi objek penelitian ini adalah masalah-masalah yang akan diteliti yaitu tentang implementasi manajemen berbasis mutu di Pondok Modern Al-Islam Nganjuk. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan degan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kemudian pengecekan kebasahan data menggunakan trianggulasi data sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen berbasis mutu di pondok modern Al-Islam Nganjuk dilakukan atas dasar perencanaan mutu, pengendalian mutu, dan peningkatan mutu. pertama, Dalam melakukukan perencanaan mutu, selain adanya panca jiwa dan panca tujuan, terdapat tiga bagian dalam melakukan perencanaan, yaitu perencanaan jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek. Kedua,Pengendalian mutu dilakukan dengan cara pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Ketiga, peningkatan mutu disusun atas dasar permasalahan kemudian menyusun rencana strategi peningkatan. Keempat, implementasi manajemen berbasis mutu di pondok modern Al-Islam Nganjuk memberikan pengaruh terhadap perkembangan kelembangaan pada bagian kurikulum, proses pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, keuangan, dan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Mutu, Perkembangan Lembaga, Pondok Modern Al-Islam Nganjuk
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:49
Last Modified: 18 Nov 2020 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41063

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum