PERAN KURIKULUM INKLUSIF TERHADAP SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA

AYUNINGTIAS YARUN, 17204010066 (2019) PERAN KURIKULUM INKLUSIF TERHADAP SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KURIKULUM INKLUSIF TERHADAP SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA)
17204010066_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN KURIKULUM INKLUSIF TERHADAP SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA)
17204010066_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ayuningtias Yarun, NIM. 17204010066. Peran Kurikulum Inklusif Terhadap Sikap Toleransi Peserta Didik pada Pembelajaran PAI di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurikulum inklusif menjadi solusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus untuk melanjutkan pendidikan tanpa harus merasa kurang percaya diri ketika harus berkumpul dengan mereka yang memiliki fisik formal. Penelitian ini difokuskan pada peran kurikulum inklusif terhadap sikap toleransi peserta didik pada pembelajaran PAI di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta. Ada tiga sub fokus dalam penelitian ini, yaitu peran kurikulum inklusif pada proses pembelajaran PAI, sikap toleransi peserta didik pada pembelajaran PAI dan faktor pendukung dan penghambat kurikulum inklusif terhadap sikap toleransi peserta didik pada pembelajaran PAI di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah 12 peserta didik kelas I, II, III, IV, V,VI guru pendidikan Agama Islam, guru inklusif, kepala sekolah, dan kepala sekolah bagian kurikulum. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa (1) Peran Kurikulum inklusif pada proses pembelajaran PAI sangat berpengaruh pada pelaksanaan pembelajaran khususnya peserta didik berkebutuhan khusus, karena pelaksanaan kurikulumnya menitik beratkan pada kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus. (2) Sikap toleransi peserta didik pada pembelajaran PAI dapat diketahui partisipasi peserta didik regular dalam proses belajar mengajar. Sekolah telah menetapkan kurikulum inklusif yang terintegrasi ke dalam kurikulum 13, peserta didik berkebutuhan khusus mengikuti materi yang diajarkan secara seksama tanpa adanya keluhan tetapi penyesuaian meskipun pada kenyataannya jawaban peserta didik tidak sebaik dengan yang regular. Namun, disitulah letak toleransi yang di temukan di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta yaitu penerimaan dan kesadaran di dalam kelas antar peserta didik, tidak adanya pemaksaan peserta didik harus bisa secara intelektual, lebih pada aspek sosial. (3) Faktor pendukung dan penghambat peran kurikulum inklusif terhadap sikap toleransi peserta didik pada pembelajaran PAI adalah dengan menjadikan fleksibilitas kurikulum yang dapat mengikuti perubahan dan kondisi peseta didik adalah faktor utama pendukung kurikulum inklusif. Khususnya dalam proses pembelajaran PAI untuk mengetahui peranan kurikulum inklusif dari penentuan metode, strategi, media pembelajaran apa yang dipilih yang dapat diterima oleh peserta didik berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Arif M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Inklusif,Sikap Toleransi, Pembelajaran PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:49
Last Modified: 18 Nov 2020 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41084

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum