MANAJEMEN PROGRAM PEMBERDAYAAN ANGGOTA IMABA DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI KEPENDIDIKAN ISLAM ( Studi Kasus Manajemen Mahasiswa di Bantul Tahun 2018 )

Ardhitya Furqon Wicaksono, 17204010073 (2019) MANAJEMEN PROGRAM PEMBERDAYAAN ANGGOTA IMABA DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI KEPENDIDIKAN ISLAM ( Studi Kasus Manajemen Mahasiswa di Bantul Tahun 2018 ). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PROGRAM PEMBERDAYAAN ANGGOTA IMABA DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI KEPENDIDIKAN ISLAM ( Studi Kasus Manajemen Mahasiswa di Bantul Tahun 2018 ))
11120090_BAB-I -V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PROGRAM PEMBERDAYAAN ANGGOTA IMABA DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI KEPENDIDIKAN ISLAM ( Studi Kasus Manajemen Mahasiswa di Bantul Tahun 2018 ))
11120090_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (846kB)

Abstract

Ardhitya Furqon Wicaksono.2019. Manajemen Program Pemberdayaan Anggota IMABA dalam Meningkatkan Nilai-nilai Kependidikan Islam ; Studi Kasus Manajemen Mahasiswa di Bantul Tahun 2018. Tesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Program Magister, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Manajemen merupakan hal yang penting dalam semua bidang kehidupan. Kinerja sebuah organisasi dapat berjalan secara maksimal dengan manajemen. Demikian juga dengan progam di organisasinya. Salah satu komponen yang di perlukan dalam perkembangan organisasi saat ini adalah nilai-nilai pendidikan Islamnya. Oleh karena itu, diperlukan manajemen program pemberdayaan anggota organisasi sebagai kaidah berfikir dan kaidah beramal dalam seluruh kegiatan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa program pemberdayaan anggota IMABA harus dikelola dengan benar, bagaimana nilai-nilai Pendidikan Islam diimplementasikan pada anggota Ikatan Mahasiswa Bantul, bagaimana hasil dalam meningkatkan nilai-nilai Pendidikan Islam pada anggota IMABA. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif guna mengetahui manajemen program pemberdayaan anggota IMABA dalam meningkatkan nilai-nilai kependidikan Islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggota IMABA telah mengelola pendidikan ibadah dengan baik.dengan melaksanakan kebiasaan shalat berjamaah, baik pada kegiatan pengurus harian maupun pada kegiatan departemen.Selain itu, juga telah membangun silaturahmi dan menjaga hubungan harmonis di organisasi dengan kegiatan syawalan. Kedua, pada pendidikan akhlak di IMABA telah terjadi perubahan terhadap anggota. dengan kedisiplinan waktu saat kehadiran rapat, kedisiplinan pada pengelolaan administrasi dan timbul semangat untuk bertanggungjawab dalam melaksanakan amanah. Ketiga, pada pendidikan aqidah di IMABA juga telah diterapkan dengan membangun rasa kepedulian anggota terhadap sesama dalam kegiatan bakti sosial dan sikap saling tolong menlong dalam kegiatan tanggap bencana .

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.Subiyantoro,. M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Nilai-Nilai Kependidikan Islam, Mahasiswa
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:49
Last Modified: 13 Jul 2022 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41090

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum