MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN INKLUSIF MELALUI MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA

Yoga Anjas Pratama, 17204010079 (2019) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN INKLUSIF MELALUI MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN INKLUSIF MELALUI MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA)
17204010079_BAB I_VI_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN INKLUSIF MELALUI MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA)
17204010079_BAB-II_ III_IV_V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Yoga Anjas Pratama, NIM. 17204010079. Manajemen Pemasaran Pendidikan Inklusif Melalui Media Teknologi Informasi dan Komunikasi di MAN 2 Sleman Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masyarakat yang mengetahui MAN 2 Sleman sebagai penyelenggara pendidikan inklusif, akan tetapi kuota pendidikan inklusif belum terpenuhi. Terdapat empat sub fokus dalam penelitian ini, yaitu: manajemen pemasaran pendidikan inklusif, manajemen pendidikan inklusif, pemanfaatan media teknologi informasi dan komunikasi dalam pemasaran pendidikan inklusif, dan faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pemasaran pendidikan inklusif.Jenis penelitian yang digunakan penulis ialah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek dari penelitian ini, yaitu: kepala madrasah MAN 2 Sleman, humas, koordinator pendidikan inklusif, GPK, pengelola media, dan peserta didik inklusif. Hasil dari penelitian ini menunjukan: Pertama, manajemen pemasaran pendidikan inklusif yang ada di MAN 2 Sleman telah berjalan sesuai dengan konsep manajemen pemasaran, yaitu: (1) Perencanaan (planning),adanya indentifikasi pasar, segmentasi pasar dan positioning, dan diferensiasi produk (2) Pengorganisasian (organizing) yaitu: humas (3) Penggerakan (actuating), berupa: membentuk tim-tim promosi hingga pelayanan pemasaran pendidikan inklusif, namun pemasaran yang dilakukan masih bersifat insidentil (4)Pengendalian atau pengawasan (controlling), berupa: rapat mingguan dan bulanan. Kedua, manajemen pendidikan inklusif yang ada di MAN 2 Sleman telah dilaksanakan sesuai dengan tahapan pelaksanaan pendidikan inklusif, yaitu: (1) Perencanaan pendidikan inklusif, berupa: penentuan tujuan dan kegiatan yang akan dilakukan (2) Pengorganisasian pendidikan inklusif, yaitu: koordinator pendidikan inklusif dan GPK (3) Pelaksanaan pendidikan inklusif, berupa: pembelajaran dikelas reguler (4) Evaluasi pendidikkan inklusif, berupa: evaluasi program dan evaluasi pembelajaran. Ketiga, MAN 2 Sleman telah memanfaatkan media teknologi informasi dan komunikasi dalam pemasaran pendidikan inklusif, sebagai berikut: website sekolah, website Kemenag Sleman, website dan facebook Kemenag DIY, youtube, instagram, brosur, buletin, baner, dan koran. Keempat, adanya faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pemasaran pendidikan inklusif di MAN 2 Sleman, sebagai berikut: lingkungan demografi, lingkungan ekonomi, lingkungan teknologi, perusahaan, pemasok, perantara pemasaran, pelanggan, dan pesaing.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Suwardi, M.Ag.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pemasaran, Pendidikan Inklusif, Media Teknologi Informasi dan Komunikasi
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:49
Last Modified: 18 Nov 2020 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41096

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum