Al Hikayatani Al Asadu Wa Al Thur Wa Al Fahsu An Amri Dimnah Fi Kalilah Wa Dimnah Li Ibni Al Muqaffa' (dirasah Tahliliyyah Bunyawiyyah Li AJ Greimas)

Ghina Allamah Suryawati, NIM. 15110118 (2019) Al Hikayatani Al Asadu Wa Al Thur Wa Al Fahsu An Amri Dimnah Fi Kalilah Wa Dimnah Li Ibni Al Muqaffa' (dirasah Tahliliyyah Bunyawiyyah Li AJ Greimas). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al Hikayatani Al Asadu Wa Al Thur Wa Al Fahsu An Amri Dimnah Fi Kalilah Wa Dimnah Li Ibni Al Muqaffa' (dirasah Tahliliyyah Bunyawiyyah Li AJ Greimas))
15110118_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Al Hikayatani Al Asadu Wa Al Thur Wa Al Fahsu An Amri Dimnah Fi Kalilah Wa Dimnah Li Ibni Al Muqaffa' (dirasah Tahliliyyah Bunyawiyyah Li AJ Greimas))
15110118_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Al-Hika>yata>ni ‚al-Asadu wa al-thu>r wa al-Fahs}u ‘an amri Dimnah‛ fii Kali>lah wa Dimnah li Ibni al Muqaffa’ (Dira>sah Tahli>liyah Bunyawiyah li A.J. Greimas) ini membahas tentang dua hikayat pada karangan Ibnu al Muqaffa yang berjudul Kali>lah wa Dimnah, yaitu pada hikayat al-Asadu wa al-thu>r dan al-Fahs}u ‘an amri Dimnah. Sebuah cerita berbingkai dalam bentuk fabel yang bercerita mengenai perebutan kekuasaan, adu domba dan provokasi yang tersusun dari beberapa tindakan dan terstruktur menjadi satu kesatuan cerita. Penelitian ini menjawab pertanyaan bagaimana skema aktan dan struktur fungsional pada hikayat al-Asadu wa al-thu>r dan al-Fahs}u ‘an amri Dimnah. Kedua hikayat ini kemudian dianalisis menggunakan teori strukturalisme naratif A.J. Greimas yang berinti pada aktan yaitu pelaku tindakan dan merupakan peran yang hadir dalam tindakan. Selain itu, Greimas juga mengemukakan model fungsional karena dibangun dari beberapa fungsi yaitu tindakan yang tetap sebagai alur. Dari hasil analisis yang telah dilakukan pada penelitian ini, ditemukan lima aktan pada hikayat al-Asadu wa al-thu>r yaitu: aktan pendekatan diri Dimnah kepada Singa, aktan recana provokasi Dimnah, aktan provokasi Dimnah terhadap Singa, aktan provokasi Dimnah terhadap Syartabah, dan aktan nasihat Kalilah kepada Dimnah. Pada hikayat al-Fahs}u ‘an amri Dimnah ditemukan satu aktan, yaitu aktan pemeriksaan perkara Dimnah. Berdasarkan keenam aktan yang telah ditemukan, maka ditemukan pula tiga struktur naratif yang membentuk skema aktan utama, yaitu: struktur pendekatan diri Dimnah kepada Singa, struktur provokasi, dan struktur pemeriksaan, sehingga dapat ditemukan tema utama kisah al-Asadu wa al-thu>r dan al-Fahs}u ‘an amri Dimnah ini adalah strategi politik Dimnah, sedangkan jumlah struktur fungsional mengikuti jumlah aktan. Struktur aktan dan struktur fungsional meliliki hubungan kausalitas, dan hubungan antar aktan ditentukan oleh fungsi-fungsinya dalam membangun struktur cerita. Kata Kunci: Kalilah wa Dimnah, Strukturalisme A.J. Greimas, Aktan, Fungsi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muhammad Kanif Anwari, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kalilah wa Dimnah, Strukturalisme A.J. Greimas, Aktan, Fungsi
Subjects: Kesusastraan Arab > HIKAYAT
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Sep 2020 10:29
Last Modified: 28 Sep 2020 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41100

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum