Al Af'al Al Kalamiyyah Al Jazimiyyah Fi Al Qissat Al Qasirah Sayyidatun Fi Khidmatik Li Ihsan Abdu Al Quddus (dirasah Tahliliyyah Tadawuliyyah)

Ajeng Hanifa, NIM. 15110120 (2019) Al Af'al Al Kalamiyyah Al Jazimiyyah Fi Al Qissat Al Qasirah Sayyidatun Fi Khidmatik Li Ihsan Abdu Al Quddus (dirasah Tahliliyyah Tadawuliyyah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al Af'al Al Kalamiyyah Al Jazimiyyah Fi Al Qissat Al Qasirah Sayyidatun Fi Khidmatik Li Ihsan Abdu Al Quddus (dirasah Tahliliyyah Tadawuliyyah))
15110120_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (AL AF'AL AL KALAMIYYAH AL JAZIMIYYAH FI AL QISSAT AL QASIRAH SAYYIDATUN FI KHIDMATIK LI IHSAN ABDU AL QUDDUS (DIRASAH TAHLILIYYAH TADAWULIYYAH) Message Item has been removed.)
15110120_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Objek kajian ini adalah bahasa dalam cerpen, khususnya tindak tutur dalam cerpen Sayyidatun Fii Hidmatika karya Ihsan ‘Abdu Al-Quddus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur asertif dalam cerpen Sayyidatun Fii Hidmatika karya Ihsan ‘Abd Al-Quddus. Peneliti akan menggunakan kacamata pragmatik khususnya teori tindak tutur asertif untuk melihat teks dalam bahasa sastra yang digunakan pada cerpen Sayyidatun Fii Hidmatika karya Ihsan Abd Al-Quddus. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah cerpen Sayyidatun Fii Hidmatika karya Ihsan Abd Al- Quddus. Data diperoleh dengan teknik membaca dan mencatat. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik deskriptif untuk menganalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini berupa bentuk dan fungsi tindak tutur asertif dalam cerpen Sayyidatun fii Hidmatika karya Ihsan Abd Al-Quddus. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti mendapatkan 24 tuturan data dari berbagai bentuk dan fungsi tuturan. Bentuk tuturan asertifnya terdiri dari tiga bentuk kalimat yakni kalimat berita, kalimat tanya, dan kalimat perintah. Sedangkan berdasarkan fungsinya data tersebut meliputi tuturan asertif kalimat berita yang berfungsi untuk memberitahukan berjumlah enam tuturan, menyatakan bejumlah enam tuturan, melaporkan berjumlah satu tuturan, menuntut berjumlah satu tuturan, dan mengeluh berjumlah satu tuturan. Tuturan asertif kalimat tanya yang berfungsi untuk menyatakan berjumlah tiga tuturan, mengeluh berjumlah dua tuturan dan menyarankan berjumlah satu tuturan. Tuturan asertif kalimat perintah yang berfungsi menyatakan berjumlah dua tuturan dan menyarankan berjumlah satu tuturan. Diantara fungsi yang terdapat pada tuturan tokoh dalam cerpen Sayyidatun Fii Hidmatika, fungsi untuk menyatakan merupakan fungsi tuturan terbanyak. Kata Kunci : Ihsan Abd Al-Quddus, Pragmatik, Asertif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ening Herniti, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Ihsan Abd Al-Quddus, Pragmatik, Asertif.
Subjects: Kesusastraan Arab > Cerpen
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Sep 2020 11:04
Last Modified: 18 Oct 2023 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41102

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum