PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PRODI TEKNIK PERTAMBANGAN FAKULTAS TEKNOLOGI MINERAL UPN VETERAN YOGYAKARTA

Fajar Fauzi Raharjo, 17204010087 (2019) PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PRODI TEKNIK PERTAMBANGAN FAKULTAS TEKNOLOGI MINERAL UPN VETERAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PRODI TEKNIK PERTAMBANGAN FAKULTAS TEKNOLOGI MINERAL UPN VETERAN YOGYAKARTA)
17204010087_BAB-I_BAB-IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PRODI TEKNIK PERTAMBANGAN FAKULTAS TEKNOLOGI MINERAL UPN VETERAN YOGYAKARTA)
17204010087_BAB-II-sampai-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fajar Fauzi Raharjo, NIM. 17204010087. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Prodi Teknik Pertambangan Fakultas Teknologi Mineral UPN Veteran Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di Prodi Teknik Pertambangan Fakultas Teknologi Mineral UPN Veteran Yogyakarta. Terdapat dua sub fokus dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, konsep dasar PAI di Prodi Teknik Pertambangan Fakultas Teknologi Mineral UPN Veteran Yogyakarta. Kedua, konsep pengembangan kurikulum PAI di Prodi Teknik Pertambangan Fakultas Teknologi Mineral UPN Veteran Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Dosen PAI, anggota tim Dosen PAI, Kaprodi, dan mahasiswa di Prodi Teknik Pertambangan Fakultas Teknologi Mineral UPN Veteran Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa (1) Dengan mengacu pada kurikulum KKNI generik enam, PAI di Prodi Teknik Pertambangan UPN Veteran Yogyakarta merupakan mata kuliah wajib yang berdiri sendiri dan independen. PAI di sana termasuk dalam kompetensi lulusan utama dan berorientasi pada berwawasan kebangsaan dan pengabdian masyarakat. PAI di Prodi tersebut juga sangat diperhatikan, yang terwujud dalam adanya wadah bimbingan keagaaman Islam yang dinaungi prodi yang bernama KMI Nurul ‘Ilmi (2) Pengembangan kurikulum PAI di Prodi Teknik Pertambangan UPN Veteran Yogyakarta sepenuhnya dilakukan oleh Dosen PAI, dengan tetap memerhatikan rambu-rambu pengembangan kurikulum prodi. Prinsip yang diutamakan dalam pengembangan PAI di prodi tersebut adalah relevansi, fleksibilitas, efektif dan efisien. Selain itu, PAI di Prodi tersebut diintegrasikan dengan keilmuan program studi. Pengintegrasian kelimuan tersebut lebih dominan pada tingkat materi daripada pada tingkat komponen kurikulum lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sangkat Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 02 Nov 2020 09:53
Last Modified: 02 Nov 2020 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41106

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum