PEMBELAJARAN KEIMANAN BERBASIS TEMATIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER IMANI PESERTA DIDIK DI KUTTAB DAARUSSALAAM BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

Indah Puspa Haji, NIM: 17204010091 (2019) PEMBELAJARAN KEIMANAN BERBASIS TEMATIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER IMANI PESERTA DIDIK DI KUTTAB DAARUSSALAAM BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN KEIMANAN BERBASIS TEMATIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER IMANI PESERTA DIDIK DI KUTTAB DAARUSSALAAM BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
17204010091-BAB II, III, IV.pdf - Published Version

Download (990kB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN KEIMANAN BERBASIS TEMATIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER IMANI PESERTA DIDIK DI KUTTAB DAARUSSALAAM BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
17204010091-COVER, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Indah Puspa Haji, 1720401191. Pembelajaran Keimanan Berbasis Tematik dalam Membentuk Karakter Imani Peserta Didik di Kuttab Daarussalaam Banguntapan Bantul Yogyakarta, Tesis, Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat saat ini akibat dari gagalnya pendidikan dalam membentuk karakter generasi saat ini. Gagalnya peran pendidikan dalam membentuk karakter anak menjadikan generasi intelektual yang tidak memiliki karakter sebagai orang yang beriman. Hilangnya karakter disebabkan karena kurangnya pembelajaran Iman yang diajarkan di lembaga pendidikan saat ini . Oleh sebab itu, membentuk karakter anak sejak dini harus dilakukan melalui lembaga pendidikan dan keluarga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif yang dilakukan di Kuttab Daarussalaam Banguntapan Bantul Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang: pertama, implementasi pembelajaran keimanan berbasis tematik di Kuttab Daarussalaam Banguntapan Bantul. Kedua, kontribusi pembelajaran keimanan berbasis tematik dalam membentuk karakter imani peserta didik di Kuttab Daarussalaam Banguntapan Bantul. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, implementasi pembelajaran keimanan berbasis tematik di Kuttab Daarussalaam Banguntapan Bantul terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan yang meliputi penyusunan silabus dan RKK; pelaksanaan yang meliputi kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir; evaluasi yang menggunakan dua teknik penilaian yaitu tes dan nontes. Kedua, pembentukan karakter Imani pada diri anak dipengaruhi oleh kerjasama yang baik antar guru dan orangtua. Pembelajaran keimanan berbasis tematik di Kuttab Daarussalaam telah berkontribusi dalam membentuk karakter Imani peserta didik. Hal itu ditandai dengan karakter peserta didik yang mampu menjaga hubungannya dengan Allah, sesama manusia, diri sendiri dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Karwidi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Tematik, Karakter Imani
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 30 Sep 2020 09:02
Last Modified: 30 Sep 2020 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41113

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum