OTORITAS KEPEMIMPINAN TUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS DI PONDOK PESANTREN DARUL MUSTHOFA NAHDLATUL WATHAN REPOK ATAS LOMBOK BARAT

SAFINAH, 17204010095 (2019) OTORITAS KEPEMIMPINAN TUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS DI PONDOK PESANTREN DARUL MUSTHOFA NAHDLATUL WATHAN REPOK ATAS LOMBOK BARAT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OTORITAS KEPEMIMPINAN TUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS DI PONDOK PESANTREN DARUL MUSTHOFA NAHDLATUL WATHAN REPOK ATAS LOMBOK BARAT)
17204010095_BAB I, VI DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (OTORITAS KEPEMIMPINAN TUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS DI PONDOK PESANTREN DARUL MUSTHOFA NAHDLATUL WATHAN REPOK ATAS LOMBOK BARAT)
17204010095_BAB-II_III-IV-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Safinah, Otoritas Kepemimpinan Tuan Guru Dalam Mengembangkan Budaya Religius di Pondok Pesantren Darul Musthofa NW Repok Atas, Lombok Barat. Tesis Program Magister (S2), Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Tahun 2019. Otoritas kepemimpinan tuan guru sangat menentukan terhadap penanaman nilai religius di pondok pesantren, karena sosok Tuan Guru di pandang sebagai sosok yang „alim, sholeh, berahklak mulia, dan berwibawa. Dengan penanaman nilai religius maka akan tumbuh budaya-budaya religius di pondok pesantren Darul Musthofa, dan dengan otoritas kepemimpinan tuan guru sangat berpengaruh terhadap perkembangan budaya religius. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti terkait tentang otoritas kepemimpinan tuan guru dalam mengembangkan budaya religius. Dengan mengkaji otoritas kepemimpinan Tuan Guru dalam mengembangkan budaya religius, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) tipologi kepemimpinan tuan guru dipondok pesantren Darul Musthofa, (2) otoritas yang berkembang di pondok pesantren Darul Musthofa, (3) strategi Tuan Guru dalam mengembangkan budaya religius di pondok pesantren Darul Musthofa. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dalam mengkaji tentang budaya religius di pondok pesantren Darul Musthofa. Pengumpulan data dilakukan dengan, (1) observasi, keadaan pondok pesantren Darul Musthofa, (2) wawancara dengan Tuan Guru sebagai pendiri pondok pesantren, ketua yayasan, guru/ustaz, masyarakat, dan para santri, (3) dokumentasi data-data yang berkaitan dengan kelembagaan pondok pesantren Darul Musthofa. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, tipologi kepemimpinan Tuan Guru di pondok pesantren Darul Musthofa adalah tipe kepemimpinan karismatik. Kedua, tiga otoritas yang berkembang di pondok pesantren Darul Musthofa; (1) otoritas tradisional bersumber dari tradisi kelembagaan pesantren (feodalisme pesantren), dan tradisi wiridan, (2) otoritas karismatik timbul dari wibawa dan karomah Tuan Guru dan wibawa beliau bersumber dari wirid-wirid yang beliau amalkan, dan juga dari jargon yang berkembang di kalangan masyarakat Nahdlatul Wathan yaitu “sami’na wa atho’na” artinya “kami mendengar dan kami setia”, (3) Otoritas legal-rasional bersumber dari kemampuan tuan guru dalam membangun lembaga pendidikan formal yaitu MA dan MTs, ketiga, Strategi dalam mengembangkan budaya religius di pondok pesantren Darul Musthofa, yaitu: (1) Tatanan Nilai yang Dianut, meliputi; idiologi ahlusunnah wal-jamaah ala mazhabil imami as-Syafii. (2) Praktik Keseharian, meliputi; a. melaksanakan kegiatan rutin setiap hari, b. menjadikan kegiatan keagamaan sebagai kegiatan wajib, c. menciptakan lingkungan pondok pesantren yang religius, d. melibatkan seluruh guru dan pengurus asrama. (3) tatanan simbol yang dianut, meliputi; a. tatanan simbol dalam bentuk atribuT yang digunakan, b. tatanan simbol dalam bentuk aktivitas seni.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Zainal Arifin, M.SI
Uncontrolled Keywords: Karismatik, Otoritas tradisional, Otoritas karismatik, Otoritas rasional, Budaya religius.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 30 Sep 2020 09:31
Last Modified: 30 Sep 2020 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41116

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum