PERAN KEGIATAN BAITUL ARQAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Efiana, 17204010099 (2019) PERAN KEGIATAN BAITUL ARQAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEGIATAN BAITUL ARQAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA)
17204010099_BAB-1_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEGIATAN BAITUL ARQAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA)
17204010099_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Efiana. 17204010099. Peran Kegiatan Baitul Arqam dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tesis Magister, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kegiatan Baitul Arqam dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta khususnya mahasiswa angkatan tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang terkumpul di uji keabsahannya melalui proses trianggulasi metode dan trianggulasi sumber data. Hasil penelitian ini adalah kegiatan Baitul Arqam yang memiliki peran dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal diantaranya meliputi kegiatan formal dan nonformal. Kegiatan formal yang berperan dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal mahasiswa yakni dengan melibatkan metode pembelajaran active learning Small Group Discussion (SGD), Concept Map, Pear Teaching, Information Search, Card Sort, Sosio-Drama (Role Play), Point Counter Point/Simulasi, Jigsaw/ Bran Storming, Physical Self Assesment (PSA). Sedangkan kegiatan nonformal yang membantu dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal meliputi kegaiatan makan bersama, tidur bersama dan tadabur alam atau olahraga. Komponen-komponen pokok kecerdasan interpersonal yang mampu dikembangkan terdiri dari aspek mengorganisir kelompok, merundingkan pemecahan masalah, hubungan pribadi dan analisis sosial walaupun tidak secara maksimal keseluruhan aspek tersebut dikembangkan dan dimiliki oleh para peserta Baitul Arqam. Peran dari adanya kegiatan Baitul Arqam dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal adalah lebih dominan tampak pada sikap mengorganisir kelompok (menggerakkan orang lain), sikap dalam memecahkan masalah-masalah yang sederhana dari peserta lain, hubungan pribadi yang mencangkup sikap berempati, sikap menjalin hubungan, sikap mampu membaca emosi, sikap memahami orang lain dan sikap perhatian dengan orang lain. Sedangkan ada beberapa sikap yang belum bisa ditunjukkan secara maksimal oleh para peserta Baitul Arqam yakni sikap memprakarsai (inisiatif), sebagai mediator dan sikap memiliki motif dalam mengerjakan sesuatu.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Karwidi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Baitul Arqam, Kecerdasan Interpersonal
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 30 Sep 2020 09:41
Last Modified: 30 Sep 2020 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41118

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum