HUMANISME TEISTIK EMHA AINUN NADJIB DAN KONTRIBUSINYA BAGI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

Dyah Putri Musyarofah, 17204010103 (2019) HUMANISME TEISTIK EMHA AINUN NADJIB DAN KONTRIBUSINYA BAGI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUMANISME TEISTIK EMHA AINUN NADJIB DAN KONTRIBUSINYA BAGI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM)
17204010103 BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUMANISME TEISTIK EMHA AINUN NADJIB DAN KONTRIBUSINYA BAGI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM)
17204010103 BAB II_BAB III_BAB IV_.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (519kB)

Abstract

DYAH PUTRI MUSYAROFAH: Humanisme Teistik Emha Ainun Nadjib dan Kontribusinya Bagi Pendidikan Islam. Tesis. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2019. Pendidikan Islam merupakan aspek penting dalam kehidupan seorang muslim. Pendidikan Islam yang paling penting adalah penanaman akhlak pada diri peserta didik. Semrawutnya keberagamaan saat ini seperti tidak mencerminkan wajah Islam yang rahmatan lil‟alamin. Islam seolah-olah kehilangan jati dirinya, seseorang saling menyalahkan yang lain, golongan satu menyalahkan golongan yang lain. Pendidikan Islam yang ada pada sekolah-sekolah dan instansi lainnya dipertanyakan, sesungguhnya apa yang dipelajari sehingga Islam menjadi terkesah tidak ramah tapi selalu marah-marah. Emha Ainun Nadjib dengan pemikirannya yang fleksibel dapat dijadikan refrensi dalam pengajaran Islam yang lebih netral, berkasih sayang antar sesama namun juga kritis. Melalui bingkai humanisme, pemikiran Emha dituangkan kedalam pokok bahasan pendidikan Islam saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Sumber data yag digunakan adalah primer dan sekunder dimana sumber primer berupa buku yang ditulis oleh Emha Ainun Nadjib “Kiai Hologram” dan “Pemimpin yang Tuhan”, sedangkan sumber sekunder adalah segala bentuk buku-buku yang berkaitan dengan tema yang diteliti, terutama buku-buku, atau artikel-artikel Emha Ainun Nadjib seperti „Tuhan pun Berpuasa‟, „Tidak, Jibril Tidak Pensiun‟, „Markesot Bertutur‟ „Hidup Harus Pintar Ngegas dan Ngerem‟, dan masih banyak yang lainnya, baik dalam media cetak maupun yang bersumber dari internet (ig dan web caknun.com) yang berkaitan dengan tema penelitian serta buku dari Sumasno Hadi yang Berjudul Semesta Emha Ainun Nadjib: Bentangan Pengembaraan Pemikiran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka teknik simak. Model analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa filsafat pendidikan Emha yang bernilai ontology, epistemology dan aksiologi sesuai dengan aliran progressivisme dan pragmatism dalam aliran-aliran yang terdapat pada filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan Islam. Kurikulum yang digunakan adalah Child-Centered or Community-Centered Schools. Dasar pemikirannya adalah al-Qur‟an dan Hadis. Tujuan dari humansime teistik Emha dalam pendidikan adalah membentuk watak serta peradaban yang bermanfaat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan agama. Materi yang ada pada humanism teistik Emha adalah materi akhlak. Dan metode yang digunakan berdasarkan teori Omar Mohammad al-Thoumy, metode yang paling tepat bagi humanisme teistik Emha adalah metode lingkaran (halaqah), riwayat, mendengar dan membaca, serta pemahaman dan lawatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Usman,SS.,M.Ag
Uncontrolled Keywords: humanisme, teistik, pendidikan, islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 30 Sep 2020 10:02
Last Modified: 30 Sep 2020 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41121

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum