POLA ASUH ORANGTUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK (Studi dalam Keluarga Jawa di Kampung Gaten Desa Condongcatur Kabupaten Sleman, Yogyakarta)

Andika Utama Putra AS, 17204010113 (2019) POLA ASUH ORANGTUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK (Studi dalam Keluarga Jawa di Kampung Gaten Desa Condongcatur Kabupaten Sleman, Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA ASUH ORANGTUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK (Studi dalam Keluarga Jawa di Kampung Gaten Desa Condongcatur Kabupaten Sleman, Yogyakarta))
17204010113_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (POLA ASUH ORANGTUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK (Studi dalam Keluarga Jawa di Kampung Gaten Desa Condongcatur Kabupaten Sleman, Yogyakarta))
17204010113_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Andika Utama Putra AS, NIM. 17204010113. Pola Asuh Orangtua dalam Pembentukan Karakter Anak (Studi dalam Keluarga Jawa di Kampung Gaten Desa Condongcatur Kabupaten Sleman, Yogyakarta), Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini berawal dari maraknya fenomena kenakalan remaja yang terjadi sekarang ini, seperti hilangnya sikap sopan santun anak kepada orang lebih tua darinya. Perilaku buruk yang dilakukan oleh seorang anak salah satunya disebabkan oleh kurang baiknya pola asuh orangtua dalam mendidik anak mereka. Akan tetapi, di tengah persoalan tersebut, berdasarkan hasil observasi, peneliti masih mendapati anak-anak yang tetap mengedepankan nilai budi pekerti yang luhur, baik dari bertutur kata, bertingkah laku, maupun berpakaian. Hal tersebut peneliti temukan di dalam masyarakat yang berlatar belakang suku Jawa tepatnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Masyarakat Jawa dikenal mampu melestarikan dan menjaga budaya luhur mereka, salah satunya yaitu menjunjung tinggi nilai sopan santun dalam masyarakat. Keunikan masyarakat Jawa tersebut dalam hal melestarikan nilai budi pekerti/karakter, membuat peneliti tertarik untuk meneliti pola asuh seperti apa yang diterapkan oleh orangtua berlatar belakang suku Jawa dalam membentuk karakter pada diri anak dan faktor apa yang mempengaruhi pola asuh orangtua dalam pembentukan karakter anak.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan penelitian di lapangan (field research). Teknik pengumpulan data, berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam mendidik anak, orangtua pada keluarga Jawa menggunakan pola asuh yang berbeda-beda. Artinya, masingmasing orangtua menggunakan pola asuh tersendiri dalam mengasuh anak mereka, baik itu berupa pola asuh yang bersifat otoriter, demokratik, maupun permisif. Ketiga pola asuh tersebut masih diterapkan oleh orangtua pada keluarga Jawa dalam mengasuh anak mereka sesuai pada kondisi dan usia perkembangan anak. Dalam membentuk karakter/pribadi yang baik pada diri anak, orangtua pada keluarga Jawa menggunakan beberapa cara dalam proses pembentukan karakter anak, yakni berupa pembiasaan, menanamkan nilai-nilai yang baik, memberikan perasaan cinta, memberikan keteladanan, dan adanya pertaubatan/penyesalan. Beberapa cara tersebut digunakan oleh orangtua keluarga Jawa dalam membentuk karakter anak mereka, sehingga menghasilkan dan mempertahankan perilaku yang baik pada diri anak, baik di dalam keluarga maupun di masyarakat. Adapun faktor yang mempengaruhi pola asuh orangtua dalam pembentukan karakter pada anak adalah pendidikan orangtua, lingkungan, dan budaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orangtua, Karakter, dan Keluarga Jawa.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 30 Sep 2020 10:31
Last Modified: 30 Sep 2020 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41123

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum