OPTIMALISASI MOTIVASI EKSTRINSIK PESERTA DIDIK PADA PROGRAM TAHFIDZ DI MADRASAH ALIYAH AL-JAUHAR GUNUNGKIDUL

Selvia Wulandari, 17204011105 (2019) OPTIMALISASI MOTIVASI EKSTRINSIK PESERTA DIDIK PADA PROGRAM TAHFIDZ DI MADRASAH ALIYAH AL-JAUHAR GUNUNGKIDUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI MOTIVASI EKSTRINSIK PESERTA DIDIK PADA PROGRAM TAHFIDZ DI MADRASAH ALIYAH AL-JAUHAR GUNUNGKIDUL)
11120090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI MOTIVASI EKSTRINSIK PESERTA DIDIK PADA PROGRAM TAHFIDZ DI MADRASAH ALIYAH AL-JAUHAR GUNUNGKIDUL)
11120090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pakar psikolog mengungkapkan bahwa setiap tingkah laku yang dimunculkan oleh manusia didorong oleh kekuatan dalam dirinya sendiri. Dorongan tersebut dinamakan motif dan akan berubah menjadi motivasi ketika mendapatkan stimulasi. Adapun motivasi bisa bersumber dari ekstrinsik (luar diri) atau instrinsik (dalam diri). Dalam dunia pendidikan, belajar merupakan salah satu kegiatan utama yang menjadi bagian penting bagi peserta didik. Untuk menjalani dan berprestasi dalam belajar dibutuhkan motivasi pada diri peserta didik, termasuk dalam program tahfidz di Madrasah Aliyah Al-Jauhar Gunungkidul. Menurut hasil survey yang dilakukan oleh peneliti, mayoritas peserta didik dalam menjalani program tahfidz didorong oleh motivasi ekstrinsik. Hal ini dilatarbelakangi oleh keadaan secara psikologis peserta didik di awal menjalani program ini yakni adanya perasaan keterpaksaan, keberatan dan kesulitan. Oleh karena itu, kehadiran motivasi ekstrinsik berguna untuk menginisiasi, menggerakkan, dan mempertahankan aktivitas belajar di bidang tahfidz. Selain itu upaya mengoptimalkan motivasi ekstrinsik berfungsi sebagai perantara munculnya motivasi instrinsik dalam menghafal al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bentuk-bentuk motivasi ekstrinsik apa saja yang ada di program tahfidz MA Al-Jauhar, bagaimana proses dinamika perubahan motivasi ekstrinsik menjadi instrinsik dalam program tahfidz berjenjang di MA Al-Jauhar sekaligus mengetahui upaya optimalisasi apa yang diusahakan oleh MA Al-Jauhar untuk meningkatkan motivasi ekstrinsik di bidang tahfidz. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif, peneliti menggali informasi yang berkaitan dan dibutuhkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Program tahfidz di MA Al- Jauhar banyak dijalani oleh peserta didik karena didorong motivasi ekstrinsik diantaranya ialah nasihat pengasuh ponpes Al-Jauhar, dukungan orangtua, penghargaan dari Madrasah, pujian dari guru tahfidz, teman sebaya, dan suasana mendukung. Bentuk-bentuk motivasi ekstrinsik inilah yang menggerakkan, mempertahankan dan berhasil mengubah secara perlahan motivasi peserta didik menjadi instrinsik dalam menghafal al-Qur’an. (2) Dinamika perubahan motivasi tidak terlepas dari adanya peran aplikasi pendekatan classical conditioning Pavlov yang disistematisasikan oleh Madrasah dan berbagai penguatan (reinforced) yang diberikan kepada peserta didik, (3) Upaya optimalisasi MA Al-Jauhar untuk meningkatkan motivasi ekstrinsik di bidang tahfidz diklasifikasikan menjadi optimalisasi secara internal seperti rapat evaluasi bulanan guru tahfidz dan optimalisasi eksternal seperti pendekatan secara personal dari guru tahfidz.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Eva Latifah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Psikologis, Motivasi, Program Tahfidz Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 30 Sep 2020 11:18
Last Modified: 30 Sep 2020 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41130

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum