EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA FLASH CARD TEMATIK DALAM PENGEMBANGAN KEAKSARAAN DAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA AMONG PUTRO 1 JOGONALAN YOGYAKARTA

Septia Nurul Wathani, 17204030018 (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA FLASH CARD TEMATIK DALAM PENGEMBANGAN KEAKSARAAN DAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA AMONG PUTRO 1 JOGONALAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA FLASH CARD TEMATIK DALAM PENGEMBANGAN KEAKSARAAN DAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA AMONG PUTRO 1 JOGONALAN YOGYAKARTA)
17204030018_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA FLASH CARD TEMATIK DALAM PENGEMBANGAN KEAKSARAAN DAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA AMONG PUTRO 1 JOGONALAN YOGYAKARTA)
17204030018_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (813kB)

Abstract

Septia Nurul Wathani, 2019. Efektivitas Penerapan Media Flash Card Tematik Dalam Pengembangan Keaksaraan dan Berpikir Simbolik Anak Pada Usia 5-6 Tahun Di TK ABA Among Putro 1 Jogonalan Yogyakarta. Tesis, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Pembimbing: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag. Kemampuan keaksaraan dan berpikir simbolik anak dapat ditingkatkan apabila media pembelajaran yang digunakan memberi ruang dan menarik minat anak. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media flash card. flash card adalah kartu bergambar yang berukuran 8x12 cm yang berisi gambar, teks , huruf, angka atau tanda simbol yang mengingatkan atau menuntun anak kepada sesuatu yang berhubugan dengan gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan konsep media flash card tematik dalam pengembangan keaksaraan dan berpikir simbolik anak pada usia 5-6 tahun di TK ABA Among Putro 1 Jogonalan Yogyakarta. Adapun alasan peneliti memilih TK ABA Among Putro 1 Jogonalan Yogyakarta adalah karena TK ini merupakan salah satu TK yang menerapkan media flash card. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumen analisis, data di analisis secara kualitatif dengan menggunakan cara mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media flash card tematik dalam pengembangan keaksaraan dan berpikir simbolik anak sebagai berikut : 1) memilih tema yang ingin dicapai sesuai program yang sudah ada, 2) menyediakan media atau bahan yang menarik perhatian anak, 3) membagi anak dalam beberapa kelompok, 4) mengatur posisi dan mencontohkan cara bermain flash card, 5) memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain flash card, 6) mengulangi materi atau recalling dari kegiatan permainan flash card, 7) melaksanakan evaluasi terhadap kegiatan pengembangan keaksaraan dan berpikir melalui media flash card. Langkah media pembelajaran flash card ini telah diterapkan oleh guru di TK ABA Among Putro 1 Jogonalan Yogyakarta dan efektif dalam pengembangan keaksaraan dan berpikir simbolik anak usia dini. Guru tidak harus menekankan tingkat keberhasilan yang dilakukan anak, melainkan harus melihat setiap kemampuan yang dimilii anak, karena kemampuan anak berbeda-beda dan guru harus menjadi guru yang kreatif dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang layak pakai dan aman buat anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: flash card tematik, keaksaraan,berpikir simbolik.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 30 Sep 2020 11:31
Last Modified: 30 Sep 2020 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41131

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum