PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INTEGRATIF UNTUK RA AL-AZHAR KOTA LANGSA, ACEH TIMUR

Lina Khairunnisa', 17204030016 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INTEGRATIF UNTUK RA AL-AZHAR KOTA LANGSA, ACEH TIMUR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INTEGRATIF UNTUK RA AL-AZHAR KOTA LANGSA, ACEH TIMUR)
17204030016 BAB 1, V DAFTR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INTEGRATIF UNTUK RA AL-AZHAR KOTA LANGSA, ACEH TIMUR)
17204030016 BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Lina Khairunnisa, Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Integratif Untuk Anak Usia Dini, Tesis Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2019. Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya bahan ajar yang dicetak khusus mengintegrasikan antar tema guna untuk meningkatkan aspek perkembangan anak. Selama ini, bahan ajar yang beredar di masyarakat baik dari pemerintah maupun yang beredar di pasar hanya mengintegrasikan aspek perkembangan anak saja. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prosedur dalam mengembangkan produk bahan ajar barbasis integratif bagi perkembangan anak usia dini. 2) mengetahui hasil validasi bahan ajar berbasis integratif yang dikembangkan bagi anak usia dini. 3) mengetahui kelayakan hasil pengembangan bahan ajar berbasis integratif yang diperuntukkan untuk anak usia dini dalam meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa skor tanggapan dalam bentuk angket yang diperoleh dari ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru, dan anak. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara terhadap guru dan beberapa anak berupa komentar dan juga saran tentang buku teks yang dikembangkan.Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa skor total penilaian para ahli media terhadap bahan ajar yang dikembangkan adalah: untuk validator pertama memberikan skor total 81 yang termasuk kategori sangat baik, dan untuk validator kedua memberi skor total 77 yang termasuk kategori baik. Skor total ahli materi adala: untuk validator pertama memberikan skor 88 yang termasuk kategori sangat baik, dan untuk validator kedua memberi skor 82 yang termasuk kategori sangat baik. Skor total ahli bahasa adalah: untuk validator pertama memberikan skor total 44 yang termasuk kategori baik, dan untuk validator kedua memberi skor total 40 yang termasuk kategori baik. Skor total penilaian guru adalah: untuk validator pertama memberikan skor total 46 yang termasuk kategori baik, dan untuk validator kedua memberi skor total 47 yang termasuk kategori baik. Kemudian dari analisis hasil lembar kerja siswa ditemukan hasil capaian perkembangan anak sebagai berikut: aspek perkembangan nilai agama dan moral 4 orang anak sudah pada tahap MB, dan 14 orang anak pada tahap BSH. Fisik-motorik 3 orang anak pada tahap MB, dan 15 orang anak pada tahap BSH. Kognitif 4 orang anak pada tahap MB, dan 14 orang anak pada tahap BSH. Bahasa 4 orang anak pada tahap MB, 13 orang anak pada tahap BSB, dan 1 orang anak pada tahap BSB. Social-emosional 5 orang anak pada tahap MB, 12 orang anak pada tahap BSH, dan 1 orang anak pada tahap BSB. Dan aspek perkembangan senin 4 orang anak pada tahap MB, 12 orang anak pada tahap BSH, dan 2 orang anak pada tahap BSB.Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian dan pengembangan bahan ajar yang dikembangkan ini memperoleh respon positif dan layak untuk digunakan untuk siswa taman kanak-kanak usia 5-6 tahun

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Bahan Ajar, Pembelajaran Integratif
Uncontrolled Keywords: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 02 Oct 2020 10:13
Last Modified: 02 Oct 2020 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41157

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum