KEGIATAN BERMAIN BEBAS (FREE PLAY) UNTUK OPTIMALISASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK OMAH DOLANAN YWKA YOGYAKARTA

Ma’fiyatun Insiyah, 17204030024 (2019) KEGIATAN BERMAIN BEBAS (FREE PLAY) UNTUK OPTIMALISASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK OMAH DOLANAN YWKA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEGIATAN BERMAIN BEBAS (FREE PLAY) UNTUK OPTIMALISASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK OMAH DOLANAN YWKA YOGYAKARTA)
17204030024_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KEGIATAN BERMAIN BEBAS (FREE PLAY) UNTUK OPTIMALISASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK OMAH DOLANAN YWKA YOGYAKARTA)
17204030024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

MA’FIYATUN INSIYAH (17204030024) Kegiatan Bermain Bebas (Free Play) Untuk Optimalisasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di TK Omah Dolanan YWKA Yogyakarta.Tesis.Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.2019. Latar belakang masalah yang mendorong penelitian ini bahwa kegiatan bermain bebas (Free Play) dapat mengoptimalkan perkembangan kognitif anak usia dini. TK adalah tempat anak untuk belajar dan bermain. Oleh karena itu, TK dijadikan wadah yang tepat untuk kegiatan bermain bebas (Free Play) untuk optimalisasi perkembangan kognitif anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan bermain bebas (Free Play) untuk optimalisasi perkembangan kognitif anak usia dini di TK Omah Dolanan YWKA Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari siswa, guru dan tenaga pendidik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode kualitatif yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triagulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan bermain bebas di TK Omah Dolanan YWKA Yogyakarta dapat mengoptimalkan perkembangan kognitif anak usia dini terdiri dari bermain bebas di dalam ruang (Indoor) dan bermain di luar ruangan (Outdoor). Kegiatan bermain di dalam ruangan (Indoor), yaitu : pertama, Bermain manipulatif seperti bermain Zombie, Dokter-Dokteran Dan Kuda Lumping. Kedua, Bermain Balok seperti bermain Balok Bentuk Istana, Balok Bentuk Rel Kereta Api. Bermain Puzzle, bermain DO-MI-KA-DO, bermain Estafet Kata, dan bermain Dakon. Sedangkan untuk Bermain di luar ruangan (Outdoor), yaitu : Bermain Sunda Manda, bermain menangkap Belalang Dan Kupu-kupu. Kegiatan Bermain Bebas (Free Play) yang ditemukan di TK Omah Dolanan dan Bermain Petak Umpet. Peran guru atau pendidik dalam kegiatan bermain bebas adalah: sensitif terhadap kegiatan bermain anak, pengamat, interaktif dan lingkungan. Perkembangan kognitif anak dari hasil evaluasi perkembangan menunjukan bahwa mayoritas anak didik di TK Omah Dolanan YWKA Yogyakarta telah masuk pada kategori berkembang sesuai harapan. Evaluasi ini berasal dari akumulasi laporan harian, laporan mingguan dan laporan bulanan anak didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Ahmad Arifi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Bermain Bebas, Perkembangan Kognitif dan Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: Sri Lestari
Date Deposited: 02 Oct 2020 10:37
Last Modified: 02 Oct 2020 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41161

Actions (login required)

View Item View Item