PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK TUNARUNGU DI TKLB YPPALB PUTRA MANDIRI KOTA MAGELANG

Nida’ul Munafiah, 17204031001 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK TUNARUNGU DI TKLB YPPALB PUTRA MANDIRI KOTA MAGELANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK TUNARUNGU DI TKLB YPPALB PUTRA MANDIRI KOTA MAGELANG Oleh: Nida’ul Munafiah 17204031001 TESIS Diajukan Kepada Program Magister (S2) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ka)
17204031001_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK TUNARUNGU DI TKLB YPPALB PUTRA MANDIRI KOTA MAGELANG Oleh: Nida’ul Munafiah 17204031001 TESIS Diajukan Kepada Program Magister (S2) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ka)
17204031001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nida‘ul Munafiah, “Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Tunarungu Di Tklb Yppalb Putra Mandiri Kota Magelang”, Tesis. Yogyakarta: Program Magister (S2) Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019.Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran busy book untuk meningkatkan kognitif anak tunarungu di TKLB YPPALB Putra Mandiri Kota Magelang. Dengan subjek uji coba berjumlah 6 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, dan angket tanggapan guru kelas. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (R&D). Tahapan yang dilakukan untuk menghasilkan media pembelajaran busy book dalam penelitian ini mengadaptasi prosedur pengembangan dari Borg dan Gall yaitu : 1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan media, 4) uji coba media, 5) revisi produk, 6) uji coba pre-test (uji coba lapangan awal), 7) uji coba post test (tahap I dan tahap II), dan 8) produksi masal. Hasil validasi ahli materi dengan jumlah nilai (103 : 110) x 100 = 93,6 dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli media dengan jumlah nilai (113 : 130) x 100 = 87 dengan kategori “layak”. Dengan demikian, media pembelajaran busy book untuk meningkatkan kognitf anak tunarungu dapat dikatakan ”layak“ digunakan dalam proses pembelajaran di TKLB YPPALB Putra Mandiri Kota Magelang. Hasil uji coba (pre-test) perkembangan kognitif anak tunarungu di TKLB YPPALB Putra Mandiri sebelum menggunakan media pembelajaran busy book menunjukkan bahwa anak Ad, Ic, dan Rn memiliki nilai % = 58,3 yang artinya keempat anak tersebut dalam mencapai kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Sedangkan De, Ha dan In memiliki niai % = 50 yang artinya kedua anak tersebut mencapai kategori mulai berkembang (MB).Sedangkan hasil uji coba post-test (tahap I dan tahap II) menggunakan media pembelajaran busy book untuk meningkatkan kognitif anak tunarungu di TKLB YPPALB Putra Mandiri Kota Magelang menunjukkan peningkatan yaitu : nilai %Ad = 81,2 %Ic = 79,1, dan %Rn 81 yang artinya ketiga anak tersebut mencapai kategori berkembang sangat baik (BSB). Sedangkan nilai %De = 70,8, %Ha dan %In = 72,9 yang artinya ketiga anak tersebut mencapai kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran busy book pada penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan kognitif anak tunarungu di TKLB YPPALB Putra Mandiri Kota Magelang

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. AShmad Arifi, M. Ag
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran busy book, perkembangan kognitif, tunarungu
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 02 Oct 2020 10:59
Last Modified: 13 Jul 2022 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41163

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum