Syahsiyah Nagmah Fi Al Riwayah Layali Turkistan Li Najib Al Kailani (dirasah Tahliliyyah Nafsiyah Li Carl Gustav Jung)

Muhammad Mutamakin, NIM. 13110070 (2019) Syahsiyah Nagmah Fi Al Riwayah Layali Turkistan Li Najib Al Kailani (dirasah Tahliliyyah Nafsiyah Li Carl Gustav Jung). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Syahsiyah Nagmah Fi Al Riwayah Layali Turkistan Li Najib Al Kailani (dirasah Tahliliyyah Nafsiyah Li Carl Gustav Jung))
13110070_BAb-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Syahsiyah Nagmah Fi Al Riwayah Layali Turkistan Li Najib Al Kailani (dirasah Tahliliyyah Nafsiyah Li Carl Gustav Jung))
13110070_BAb-II_sampai_SEBELUM-BAb-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Syahsiyah “Nagmah” fi al-Riwayah Layali Turkistan li Najib al- Kailani (Dirasah Tahliliyyah Nafsiyah li Carl Gustav Jung). Novel ini bercerita tentang perjuangan bangsa Turkistan melawan para penjajah Cina dan kisah cinta antara Musthafa atas Nagmah. Salah satu tokoh pada Novel ini adalah Nagmah. Peneliti tertarik mengkaji karya ini karena; pertama, Novel ini ditulis oleh sastrawan Mesir yang ternama, ia adalah Najib Kailani. Kedua, peneliti menemukan konflik psikologis yang terdapat dalam tokoh Nagmah dalam cerpen ini. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan psikologi Carl Gustav Jung, sehingga kepribadian dan perubahan kepribadian tokoh Nagmah dalam Novel ini dapat diungkapkan. Dalam penelitian ini peneliti berusaha untuk menjawab dua rumusan masalah penting yaitu : 1. Bagaimana struktur kepribadian tokohNagmah dalam novel Layali Turkistan karya Najib Kailani? 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan psikologi tokoh Nagmah dalam novel Layali Turkistan karya Najib Kailani?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Struktur kepribadian tokoh Nagmah dan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan kepribadiannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis yaitu mendeskripsikan fakta-fakta yang ada di dalam novel kemudian dianalisis dengan teori psikologi Carl Gustav Jung. Peneliti menemukan bahwasanya struktur kepribadian tokoh Nagmah terbentuk dari : 1. Kesadaran berdasarkan fungsi jiwa : bahwa tokoh Nagmah merupakan seorang pribadi yang rasional yakni perasa. 2. Kesadaran berdasarkan sikap jiwa : dia merupakan sosok yang berjiwa ekstrovert. 3. Ketidaksadaran pribadi : fungsi yang menjadi infrerior dari kepribadian Nagmah yaitu pemikir. 4. Ketidaksadaran kolektif : berupa kompleks dan archtypus. 5. Faktor-faktor yang mempengaruhi ketidaksadaran pribadi tokoh Nagmah adalah faktor kedewasaan, motif cinta dan faktor konflik. 6. Faktor-faktor yang mempengaruhi ketidaksadaran kolektif Nagmah : faktor agama dan faktor tekanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Aning Ayu Kusumawati, S.Ag M.Si.
Uncontrolled Keywords: Syahsiyah Nagmah, Al Riwayah Layali Turkistan, Najib Al Kailani (dirasah Tahliliyyah Nafsiyah Li Carl Gustav Jung)
Subjects: Kesusastraan Arab > Novel - Fiksi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Oct 2020 08:52
Last Modified: 05 Oct 2020 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41177

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum