Al Dhaka' Al Atifiy Wa Al Dhaka' Al Ruhiy Li Al Shakhsiyyat Al Ra'isiyyah Fi Al Qissat Al Qasirat Alfailasuf Al Ha'ir Li Taha Hussein (Dirasah Tahliliyyah Li Nazriyah Ary Ginanjar Agustin)

M Faisal Akhlis, NIM. 13110104 (2019) Al Dhaka' Al Atifiy Wa Al Dhaka' Al Ruhiy Li Al Shakhsiyyat Al Ra'isiyyah Fi Al Qissat Al Qasirat Alfailasuf Al Ha'ir Li Taha Hussein (Dirasah Tahliliyyah Li Nazriyah Ary Ginanjar Agustin). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al Dhaka' Al Atifiy Wa Al Dhaka' Al Ruhiy Li Al Shakhsiyyat Al Ra'isiyyah Fi Al Qissat Al Qasirat Alfailasuf Al Ha'ir Li Taha Hussein (Dirasah Tahliliyyah Li Nazriyah Ary Ginanjar Agustin))
1310104_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Al Dhaka' Al Atifiy Wa Al Dhaka' Al Ruhiy Li Al Shakhsiyyat Al Ra'isiyyah Fi Al Qissat Al Qasirat Alfailasuf Al Ha'ir Li Taha Hussein (Dirasah Tahliliyyah Li Nazriyah Ary Ginanjar Agustin))
1310104_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Adz-Dzaka al ‘Atifiy wa Adz-Dzaka Ar-Ruhiy lil Syakhsiyah Ar-Roisiyah fil Qishoh Al-Qoshiroh Al-Failusuf Al-Haair li Thaha Hussain Dirosah Tahliliyah Linadriyati Ary Ginanjar Agustian menyajikan analisis tokoh utama dalam cerpen “al-Failusuf al-Haair” berdasarkan teori Ary Ginanjar Agustian. Alasan peneliti mengkaji cerpen ini adalah adanya kecerdasan emosional dan spiritual yang dialami oleh tokoh utama Kalkratis, yang mana tokoh Kalkratis tersebut memiliki tingkat kecerdasan emosional dan spiritual yang kompleks. Dalam skripsi ini peneliti akan menganalisis kualitas kecerdasan emosional dan spiritual tokoh utama Kalkratis dalam cerpen “al-Failusuf al- Haair” karya Thaha Hussain berdasarkan teori psikologi Ary Ginanjar Agustian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Ary Ginanjar Agustian yakni kecerdasan emosional dan spiritual (ESQ) yang merupakan gabungan dari IQ, EQ dan SQ yang dikenal dengan istilah tujuh spiritual core values atau nilai dasar ESQ yang diambil dari Asmaul Husna yakni jujur, tanggung jawab, disiplin, kerjasama, adil, visioner, dan peduli. Adapun sifat tanggung jawab, disiplin dan visioner masuk kedalam kategori IQ. Sifat kerjasama dan peduli masuk kedalam kategori EQ. Sifat jujur dan adil masuk kedalam kategori SQ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptis analitis, suatu metode yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian disusul dengan analisis. Adapun kesimpulan dari penelitian ini menunjukan adanya kecerdasan emosional dan spiritual tokoh utama Kalkratis yang dibuktikan dengan tujuh nilai dasar yang dimilikinya yaitu jujur, tanggung jawab, disiplin, kerjasama, adil, visioner dan peduli. Kata kunci: Kalkratis, ESQ.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aning Ayu Kusumawati, S.Ag M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kalkratis, ESQ.
Subjects: Kesusastraan Arab > Cerpen
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Oct 2020 09:23
Last Modified: 05 Oct 2020 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41180

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum