PEMBELAJARAN BERBASIS RISET DI SEKOLAH DASAR SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Deby Indriani Rahmawan, NIM.: 17204080037 (2019) PEMBELAJARAN BERBASIS RISET DI SEKOLAH DASAR SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BERBASIS RISET DI SEKOLAH DASAR SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
17204080037_BAB-I_BAB-TERAKHIR_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BERBASIS RISET DI SEKOLAH DASAR SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
17204080037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa sekolah yang masih menggunakan paradigma pembelajaran berpusat pada guru. Peserta didik diberikan pembelajaran berbasis teks dengan sistem hafalan. Proses pembelajaran berbasis riset merupakan salah satu proses pembelajaran yang tepat dalam mengembalikan pendidikan pada esensinya. Pembelajaran tersebut menggunakan cara belajar melalui penelitian yang terstuktur dengan tujuan menemukan sendiri jawaban akan rasa ingin tahu yang muncul pada diri peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan secara langsung di tempat penelitian. Teknik yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data adalah metode observasi terlibat, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi objek adalah proses pembelajaran riset di SD SALAM. Subjek dari penelitian ini adalah pendiri, ketua PKBM, fasilitator, peserta didik, dan orang tua peserta didik SD SALAM. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data yang diungkapkan oleh Miles dan Huberman. Dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan teknik trianggulasi data. Hasil dari penelitian adalah: 1). Proses pembelajaran riset diterapkan oleh SD SALAM karena untuk memberi kebebasan/kemerdekaan kepada peserta didik untuk belajar sesuai kemampuan mereka. Melalui riset peserta didik diberikan kesempatan dan fasilitas belajar sesuai kebutuhan mereka, menumbuhkan cara berfikir kritis, aktif, inovatif, dan ilmiah. Supaya peserta didik mampu menemukan sendiri apa yang ingin mereka ketahui, mengembangkan, dan menyimpulkan hasil temuannya. Mengolah dan mengembangkan SDA yang ada di lingkungan sekitar. 2). Proses pembelajaran riset berangkat dari peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Fasilitator menggunakan daur belajar untuk penerapan pembelajaran riset. Implementasi pembelajaran berbasis riset di SD SALAM melalui beberapa tahap yaitu mulai dari tahap perencanaan (menentukan temax riset, observasi objek riset, pembuatan jadwal riset), tahap pelaksanaan dan pendampingan (mengembangkan pertanyaan wawancara, mencari referensi terkait riset, melakukan wawancara, review bersama untuk berbagi pengalaman antar peserta didik), olah data (mengaitkan data riset dengan indikator capaian, penyelesaian misi/pemecahan masalah), praktek (membuat produk), evaluasi, penulisan laporan riset dan tahap presentasi (hasil riset dipresentasikan sesuai dengan kreativitas peserta didik dihadapan teman-teman, fasilitator, orang tua, dan komite). 3) Hasil pembelajaran riset yaitu peserta didik mampu memecahkan masalah, bersikap aktif dan kreatif, berfikir kritis, mempunyai komunikasi yang baik, mampu berkolaborasi, mempunyai karakter yang baik dan nilai spiritual.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Riset
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:47
Last Modified: 01 Apr 2022 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41185

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum