HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SELFREGULATED LEARNING DAN PRESTASI BELASAR PESERTA DIDIK DI SD TAKHASSUS AL-QURAN KALIBEBER WONOSOBO

Sholina, Ayu (2019) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SELFREGULATED LEARNING DAN PRESTASI BELASAR PESERTA DIDIK DI SD TAKHASSUS AL-QURAN KALIBEBER WONOSOBO. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

[img] Other
17204080035_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (0B)
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SELFREGULATED LEARNING DAN PRESTASI BELASAR PESERTA DIDIK DI SD TAKHASSUS AL-QURAN KALIBEBER WONOSOBO)
17204080035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kecerdasan emosional baik dari segi kemampuan interpersonal maupun intrapersonal peserta didik. Peserta didik yang memiliki kecerdasan emosional tinggi mampu mengatur diri dalam menghadapi situasi belajar (self-regulated learning) yang berimplikasi pada pencapaian prestasi belajar yang lebih baik. Sebaliknya, peserta didik yang memiliki kecerdasan emosional rendah belum mampu mengatur diri dalam menghadapi situasi belajar (self-regulated learning), sehingga berimplikasi pada rendahnya prestasi belajar. Oleh karena itu, kecerdasan emosional perlu dikembangkan dalam diri peserta didik agar memiliki self-reguated learning dan prestasi belajar yang baik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Takhassus al-Quran Kalibeber Wonosobo. Peneliti memilih SD Takhassus al-Quran sebagai setting objek penelitian karena penerapan pendidikan bercorak pesantren menawarkan lingkungan belajar yang dapat menunjang prestasi para santri terutama dalam menghafal al Quran. Kegiatan yang begitu padat juga mengajarkan kepada anak untuk menghargai waktu, disiplin, dan mandiri. Namun, terdapat aspek penting yang harus dipertimbangkan, yaitu perkembangan kecerdaan emosional peserta didik. Penelitian ini menggunakan teori kecerdasan emosional dari Daniel Goleman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti hubungan antara kecerdasan emosional dengan self-regulated learning dan prestasi belajar peserta didik kelas VI B SD Takhassus Al-Quran Kalibeber Wonosobo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mixed method dengan model concurrent embedded design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala kecerdasan emosional dan skala self-regulated learning, observasi, dan wawancara, sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi bivariate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kecerdasan emosional peserta didik kelas VI B SD Takhassus Al-Quran Kalibeber Wonosobo adalah sangat tinggi (63,33%), (2) Tingkat self-regulated learning peserta didik kelas VI B SD Takhassus Al-Quran Kalibeber Wonosobo adalah sedang (70%), (3) Tingkat prestasi belajar peserta didik kelas VI B SD Takhassus Al-Quran Kalibeber Wonosobo adalah baik (76,66%), (4) Terdapat hubungan antara kecerdasan emosional (X) dengan selfregulated learning (

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, self-regulated learning, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:49
Last Modified: 18 Nov 2020 13:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41186

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum