DINAMIKA MEDIA MASSA NAHDLATUL ULAMA DARI ERA CETAK HINGGA DIGITAL

Hasan Aziz, NIM.: 14120036 (2019) DINAMIKA MEDIA MASSA NAHDLATUL ULAMA DARI ERA CETAK HINGGA DIGITAL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA MEDIA MASSA NAHDLATUL ULAMA DARI ERA CETAK HINGGA DIGITAL)
14120036_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN_BIODATA PENULIS.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA MEDIA MASSA NAHDLATUL ULAMA DARI ERA CETAK HINGGA DIGITAL)
14120036_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Nahdlatul Ulama (NU) adalah sebuah organisasi terbesar di Indonesia, maka dari itu, NU mendirikan media-media massa yang digunakan sebagai penunjang dalam menyebarkan informasi kepada para anggotanya. Diawali dengan mendirikan sebuah majalah bernama Suara Nahdlatul Ulama, NU melanjutkanya dengan mendirikan media cetak yang lain. Hingga akhirnya memasuki dunia digital, NU juga turut mendirikan media massa yang sesuai zamannya. Berdasarkan uraian tersebut, penting untuk dibahas mengenai bagaimana sejarah Nahdlatul Ulama dalam mendirikan media cetak? Bagaimana perkembangan NU Online dari tahun 2003-2018 M? Serta mengapa NU Online dapat bertahan hingga saat ini? Penelitian ini menggunakan pendekatan teknologi. Pendekatan ini digunakan untuk mengetahui bahwa media massa milik NU sejak awal didirikan bertujuan untuk menginput data untuk dimuat dalam rubrik berita. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori dinamika organiasi yang di cetuskan oleh Robbins dan Judge tahun 2009. dinamika organisasi merupakan sebuah konsep yang menggambarkan proses suatu kelompok yang selalu bergerak, berkembang dan dapat menyesuaikan diri dengan keadaan yang selalu berubah-ubah. Selain itu dinamika organisasi juga dapat diartikan sebagai suatu kelompok yang terdiri dari dua atau lebih individu, memiliki hubungan psikologi secara jelas antara anggota satu dengan anggota yang lain yang dapat berlangsung dalam situasi yang dialami secra bersama.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yangterdiri dari empat tahap yaitu; heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Nahdlatul ulama mendirikan media massa pada awal tahun 1930-an, Suara Nahdlatul Ulama menjadi media cetak pertama. setelah itu juga didirikan berbagai media cetak yang bertahan hingga akhir tahun 19990-an. Kemudian muncul era digitalyang membuat NU juga mendirikan media massa yang sesuai zamannya yakni NU Online. NU Online didirikan tahun 2003 dan terus mengalami perkembangan yang baik. Ditunjukkan dengan predikat yang disandang sebagai situs terbaik pada tahun 2005 NU Online terus mngalami perkembangan yang baik. Tahun 2007 dimana kemudahan dalam berinternet semakin mudah, turut juga menyumbang bagi perkembangan NU Online. Kemudian dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju dengan maraknya ponsel pintar dan mulai populer adanya berbagai sosial media semakin memperlebar ranah NU Online dalam mengembangkan media tersebut. Kata Kunci: dinamika, Media Massa, Nahdlatul Ulama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Badrun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: dinamika, Media Massa, Nahdlatul Ulama.
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:47
Last Modified: 18 Nov 2020 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41199

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum