Pembagian Harta Bersama Suami Yang Tidak Memberikan Nafkah Kepada Anak Dan Istri (Studi Putusan Mahkamah Agung NO. 266K/AG/2010)

Deshandra Yusuf Siswan Atmadja, - and Malik Ibrahim, - (2019) Pembagian Harta Bersama Suami Yang Tidak Memberikan Nafkah Kepada Anak Dan Istri (Studi Putusan Mahkamah Agung NO. 266K/AG/2010). Jurnal Agama dan Hak Azazi Manusia, 8 (2). pp. 261-296.

[img]
Preview
Text (Pembagian Harta Bersama Suami Yang Tidak Memberikan Nafkah Kepada Anak Dan Istri (Studi Putusan Mahkamah Agung NO. 266K/AG/2010))
[INRIGHT] Vol. 8, No. 2, November 2019.pdf - Published Version

Download (574kB) | Preview

Abstract

Korupsi merupakan permasalahan pelik di Indonesia. Tindakan korupsi yang mereka lakukan itu bukan hanya terjadi di pusat saja tapi juga di daerah. Salah satu kasus korupsi yang menjadi sorotan adalah korupsi massal DPRD Kota Malang. Ditinjau dari kaca mata nomokrasi Islam, korupsi massal tersebut telah menabrak prinsipprinsip yang ada, seperti: prinsip kedaulatan (otoritas tertinggi), prinsip pengelolaan negara, prinsip relasi negara dan masyarakat dan prinsip tujuan sebuah negara. Perbuatan mereka dapat dikategorikan sebagai I N R I G H T Jurnal Agama dan Hak Azazi Manusia Vol. 8, No. 2, November 2019 150 Aji Baskoro: Korupsi Massal Dalam Perspektif Nomokrasi Islam..... sariqah al-kubra (pencurian besar) yang hukumannya adalah hukuman mati. Selain itu, tindakan korupsi yang mereka lakukan tersebut juga telah melanggar norma-norma yang ada, baik secara ideologis, yuridis maupun sosiologis. Kata Kunci: Korupsi; Islam; Nomokrasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kunci: Korupsi; Islam; Nomokrasi.
Subjects: Hukum Islam > Kewarisan Islam
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Oct 2020 22:02
Last Modified: 14 Oct 2020 22:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41203

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum