Implementasi Organisasi Pembelajar bagi Keberlanjutan UKM Klaster Kerajinan Batik di Cirebon

Muhammad Irfai Muslim ,i,, - and Anggraini Sukmawat, - and Utami Dyah Syaf, - (2007) Implementasi Organisasi Pembelajar bagi Keberlanjutan UKM Klaster Kerajinan Batik di Cirebon. Jurnal Manajemen Teknologi,, 16 (3). pp. 294-309. ISSN 1412-1700;

[img]
Preview
Text (Implementasi Organisasi Pembelajar bagi Keberlanjutan UKM Klaster Kerajinan Batik di Cirebon)
M_Irfai Muslim_Jurnal_Implementasi_Organisasi_Pembelajar_bagi_Keberlanju.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Menjaga keberlanjutan UKM memiliki tantangan berat di era persaingan yang semakin ketat. Gaya kepemimpinan yang tepat, siklus hidup organisasi yang panjang, karyawan yang berkompeten, dan menjadi organisasi pembelajar merupakan isu utama dalam keberlanjutan UKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, siklus hidup organisasi, kompetensi, dan organisasi pembelajar terhadap keberlanjutan UKM klaster kerajinan batik di Cirebon. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SEM-PLS. Sampel yang diambil sebesar 88 responden. Penarikan sampel menggunakan teknik quota sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap siklus hidup organisasi, kompetensi, dan organisasi pembelajar. Kompetensi dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh siklus hidup organisasi dan organisasi pembelajar. Keberlanjutan UKM dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh kompetensi dan organisasi pembelajar, tetapi tidak oleh siklus hidup organisasi. Hal ini menunjukkan bahwa keberlanjutan UKM klaster kerajinan batik di Cirebon dipengaruhi oleh kompetensi karyawan dan juga penerapan organisasi pembelajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan, siklus hidup organisasi, kompetensi, organisasi pembelajar, keberlanjutan ukm, ukm batik cirebon.
Subjects: Organisasi
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Oct 2020 06:16
Last Modified: 15 Oct 2020 06:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41204

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum