IMPLEMENTASI DAN ASESMEN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TAMANSARI 1 YOGYAKARTA

Rifka Anna Miratul Faidah, NIM: 17204080023 (2019) IMPLEMENTASI DAN ASESMEN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TAMANSARI 1 YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI DAN ASESMEN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TAMANSARI 1 YOGYAKARTA)
17204080023_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI DAN ASESMEN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TAMANSARI 1 YOGYAKARTA)
17204080023_BAB II_BAB III.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian terhadap implementasi dan asesmen pada anak berkebutuhan khusus di kelas IV SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta ini dilatar belakangi dari proses penyelenggaraan pendidikan inklusi yang dilakukan oleh satu guru kelas. Pada prosesnya satu guru kelas IV SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta selama ini juga berperan sebagai guru pendamping bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang dilakukan dengan cara terjun langsung mencari data yang diperlukan terkait dengan penerapan penyelenggaraan pendidikan inklusi. Objek dari penelitian tesis ini adalah penyelenggaraan pendidikan inklusi bagi siswa berkebutuhan khusus kelas IV SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta dapat berjalan maksimal. Sedangkan subjeknya adalah kepala sekolah, guru kelas, guru agama, guru olehraga, wali murid, dan siswa di SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta. Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik triangulasi data. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa proses penerapan penyelenggaraan pendidikan inklusi yang dilakukan bagi anak berkebutuhan khusus pada siswa kelas IV SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta adalah dengan memberikan kesempatan kepada siswa reguler dengan siswa berkebutuhan khusus berada dalam satu ruang kelas yang sama dengan model pembelajaran yang diberikan oleh guru kelas dengan memodifikasi rencana pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan proses asesmen identifikasi yang dilakukan pada siswa berkebutuhan khusus kelas IV SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta adalah dengan mengidentifikasi awal siswa berkebutuhan khusus kemudian dilakukan diagnosis oleh psikolog dari SLB Negeri 1 Yogyakarta atau RS Sardjito yang telah menjalin hubungan kerjasama. Sedangkan pada proses asesmen pembelajaran yang dilakukan selama ini guru kelas memberikan beberapa modifikasi pada proses evaluasi pembelajaran yang dilakukan berulang-ulang bagi siswa berkebutuhan khusus, dan pada Kriteria Ketuntasan Maksimal yang digunakan adalah sama baik bagi siswa reguler maupun siswa berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Suyadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: implementasi, asesmen, dan pendidikan inklusi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Inklusif
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:47
Last Modified: 18 Nov 2020 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41213

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum