ANALISIS PEMETAAN METODOLOGI PENELITIAN PADA SKRIPSI MAHASISWA LULUSAN 2015-2019 S1 PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) FITK UIN SUNAN KALIJAGA

NIDHIA FIRDHA KURNIASIH, NIM: 17204080012 (2019) ANALISIS PEMETAAN METODOLOGI PENELITIAN PADA SKRIPSI MAHASISWA LULUSAN 2015-2019 S1 PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) FITK UIN SUNAN KALIJAGA. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PEMETAAN METODOLOGI PENELITIAN PADA SKRIPSI MAHASISWA LULUSAN 2015-2019 S1 PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) FITK UIN SUNAN KALIJAGA)
17204080012_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PEMETAAN METODOLOGI PENELITIAN PADA SKRIPSI MAHASISWA LULUSAN 2015-2019 S1 PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) FITK UIN SUNAN KALIJAGA)
17204080012_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesenjangan mahasiswa S1 PGMI di dalam menyelesaikan skripsi. Terlihat dari lemahnya kemampuan, sosial, komunikasi, malas, bosan, mahasiswa S1 PGMI. Disini terlihat ketika mahasiswa S1 bersosialisasi tidak baik antara mahasiswa dengan dosen, mahasiswa antara mahasiswa mengakibatkan adanya kecendrungan dalam menyelesaikan skripsi. Penelitian ini difokuskan pada pemetaan metodologi penelitian yang sering digunakan mahasiswa S1 PGMI dalam menyelesaikan skripsinya. Ada dua sub fokus dalam penelitian ini, yaitu kecendrungan pemilihan metodologi penelitian dan alasan mahasiswa memilih metodologi penelitian skripsi yang digunakan. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif deskriptif atau analisis dokumen. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh skripsi Mahasiswa Lulusan 2015-2019 S1 PGMI sedangkan sampel penelitian yang diambil masing-masing 10 skripsi perlulusan. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data Analisis isi (Content Analysis), Analisis Deskriptif, dan Interpretasi. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah menjelaskan tentang pemetaan dan konsep metodologi penelitian yang terdiri dari pengertian metodologi, tujuan metodologi penelitian, sifat-sifat metodologi penelitian, kegunaan metodologi penelitian dan jneis-jenis metodologi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, salah satu yang mendukung dalam menyelesaikan skripsi mahasiswa yaitu dalam menggunakan metodologi penelitian dan pembahasan mengenai mengapa mahasiswa menggunakan metodologi di dalam penelitiannya. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa Penerapan metodologi penelitian dalam penulisan skripsi oleh mahasiswa S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada intinya bersumber dari kecakapan mahasiswa tersebut dalam memilih metode penelitian berdasarkan konsep gagasan yang ingin diaktualisasikan. Selanjutnya kajian terhadap 50 abstrak Skripsi mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FITK UIN Sunan Kalijaga 2015-2019 cenderung menggunakan pendekatan kualitatif. Penggunaan metode penelitian kualitatif mencapai 58%. Teknik pengumpulan data yang sering digunakan ialah Observasi, Dokumentasi dan Wawancara mencapai 48%, sedangkan untuk pengambilan sampel penelitian yang sering digunakan ialah Ahli media, Ahli materi, Guru, Siswa, Ahli Bahasa,dan Peer Reviewer mencapai 20% Salah satu keuntungan penggunaan metode kualitatif adalah cukup efektif dan efisien untuk menggambarkan suatu realita dilapangan atau kasus dilapangan. Metode penelitian kualitatif dapat menjangkau sampel maupun populasi dari kapasitas kecil sampai besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pemetaan, Metodologi Penelitian.
Subjects: Penelitian - Metode
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:47
Last Modified: 18 Nov 2020 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41215

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum