PENGARUH PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK EMERALD TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA

Nor Latifah, S.Pd, NIM : 17200010178 (2019) PENGARUH PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK EMERALD TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK EMERALD TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA)
17200010178_BAB 1 _BAB IV_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK EMERALD TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA)
17200010178_BAB_II_sampai_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang pengaruh pemanfaatan jurnal elektronik emerald terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui, (1) Pemanfaatan jurnal elektronik emerald, (2) Tingkat kepuasan pemustaka dalam pemanfaatan jurnal elektronik emerald, dan (3) Pengaruh pemanfaatan jurnal elektronik emerald terhadap kepuasan pemustaka. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah berdasarkan teori Thamrin Hasan; Navjyoti Dhingra dan Sulistyo Basuki. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang diambil adalah pemustaka yang memanfaatkan jurnal elektronik emerald di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah mengecek data kuisioner, mentabulasi data dengan menggunakan skala likert 1-4. Kemudian peneliti dalam proses uji pengaruh menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian dengan melakukan pengujian yang dijelaskan diatas menunjukkan bahwa (1) Pemanfaatan jurnal elektronik emerald di Perpustakaan Universitas Gajah Mada Yogyakarta dengan grand mean 3,37 termasuk dalam kategori tinggi, (2) Kepuasan pemustaka di Perpustakaan Universitas Gajah Mada Yogyakarta dengan grand meanvii 3,38 termasuk dalam kategori tinggi, dan (3) Pengaruh pemanfaatan jurnal elektronik emerald terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Universitas Gajah Mada Yogyakarta menunjukkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,309, sehingga dimana pemanfaatan jurnal elektronik emerald memberikan pengaruh terhadap kepuasan pemustaka sebesar 30,9%. Adapun saran berdasarkan hasil penelitian ini yaitu Perpustakaan Universitas Gadjah Mada perlu melakukan promosi jurnal elektronik emerald, sosialisasi, pelatihan dan penelusuran informasi dalam pemanfaatan jurnal elektronik emerald, meminta kepada pihak vendor penyedia database memberikan layanan bimbingan penggunaan yang lebih intensif kepada pemustaka atau dengan metode bimbingan penggunaan secara terpadu kepada pustakawan, diharapkan pustakawan dapat memberikan bimbingan penggunaan secara terpadu kepada pemustaka secara intensif juga kepada pemustaka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., SIP., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pemanfaatan Jurnal, Jurnal Elektronik, Kepuasan Pemustaka
Subjects: Koleksi Digital - Pemanfaatan
Perpustakaan > Perpustakaan Perguruan Tinggi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:47
Last Modified: 18 Nov 2020 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41216

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum