TERAPI PUISI SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KNOWLEDGE CREATION ANGGOTA GRUP WHATSAPP KOMUNITAS BIBLIOTERAPI INDONESIA

Hafidzatul Wahidah, NIM: 17200010015 (2019) TERAPI PUISI SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KNOWLEDGE CREATION ANGGOTA GRUP WHATSAPP KOMUNITAS BIBLIOTERAPI INDONESIA. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TERAPI PUISI SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KNOWLEDGE CREATION ANGGOTA GRUP WHATSAPP KOMUNITAS BIBLIOTERAPI INDONESIA)
17200010015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (TERAPI PUISI SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KNOWLEDGE CREATION ANGGOTA GRUP WHATSAPP KOMUNITAS BIBLIOTERAPI INDONESIA)
17200010015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi analisis terapi puisi sebagai media dalam meningkatkan kemampuan knowledge creation anggota grup WhatsApp Komunitas Biblioterapi Indonesia. Tujuan penelitian untuk mengetahui bahwa terapi puisi dapat dijadikan media dalam meningkatkan kemampuan pengkreasian pengetahuan, mendorong terbentuknya budaya organisasi, kendala dan solusi dalam melaksanakan terapi puisi sebagai knowledge creation di KBI. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan content analysis. Informan penelitian dipilih berdasarkan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer dari penelitian ini adalah chat antara biblioterapis dan anggota grup WhatsApp KBI dan wawancara dengan informan. Data sekundernya berupa hasil dokumentasi, jurnal dan lain sebagainya. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data dengan melakukan triangulasi teknik, waktu, dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Terapi puisi dapat menjadi media dalam meningkatkan kemampuan knowledge creation bagi anggota grup WhatsApp KBI. Hal ini dipengaruh oleh realitas sosial yang didalamnya terjadi proses sosialisasi (tacit, puisi yang berasal dari pengalaman diri sendiri dan orang lain, ditulis secara spontan dengan menggunakan diksi, kalimat yang tepat, kreatif dan berirama); eksternalisasi (explicit, puisi yang dihasilkan berbentuk teks maupun audio); internalisasi (memaknai suatu puisi untuk dijadikan tacit knowledge); dan kombinasi (puisi dikumpulkan secara kolektif untuk disebarluaskkan kepada masyarakat luas). Setiap proses terapinya menimbulkan efek terapeutik, yaitu konsentrasi, meredam emosi negatif, katarsis, dan auto sugesti. 2). Budaya organisasi yang tercipta di KBI, yaitu adanya proses seleksi (anggota mengisi formulir dan mengikuti legitimasi yang diterapkan oleh komunitas), top management (biblioterapis memiliki peranan untuk memberi arah, petunjuk, peer review, moderator, penanggungjawab dalam kegiatan terapi puisi) dan sosialisasi (anggota melakukan observasi awal, bergabung dengan KBI, mengikuti kegiatan terapi setiap harinya, produktif, berkomitmen untuk terus berada di komunitas). 3). Kendala berasal dari diri sendiri (sakit dan rasa malas) dan teknis (baterai habis dan tidak ada sinyal). Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa saran yang diajukan: 1). Prosedur terstruktur harus disusun sesederhana mungkin, agar mudah untuk dipahami oleh semua anggota dan mempermudah dalam penulisan puisi. Sedangkan untuk sesi terapi puisi, khusus interpretasi suatu puisi harus diperbanyak lagi. 2). Memperketat aturan. 3). Upaya sadar harus dilakukan ketika masuk pada waktu sesi terapi, seperti mengisi daya ponsel, sebaik mungkin mengikuti kegiatan meskipun terlambat mengikuti sesi terapi puisi, dan hindari rasa malas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurdin Laugu, S.Ag, SS., MA.
Uncontrolled Keywords: Knowledge Creation, Terapi Puisi, KBI, WhatsApp.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 17 Oct 2020 14:07
Last Modified: 18 Nov 2020 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41217

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum