KESIAPAN MI MA’ARIF SENDANG KULON PROGO DALAM MENYIKAPI KEBIJAKAN PERATURAN BUPATI NOMOR 65 TAHUN 2017 TENTANG PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)

Imma Fatayati, NIM: 16204080020 (2019) KESIAPAN MI MA’ARIF SENDANG KULON PROGO DALAM MENYIKAPI KEBIJAKAN PERATURAN BUPATI NOMOR 65 TAHUN 2017 TENTANG PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KESIAPAN MI MA’ARIF SENDANG KULON PROGO DALAM MENYIKAPI KEBIJAKAN PERATURAN BUPATI NOMOR 65 TAHUN 2017 TENTANG PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK))
16204080020_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img]
Preview
Text (KESIAPAN MI MA’ARIF SENDANG KULON PROGO DALAM MENYIKAPI KEBIJAKAN PERATURAN BUPATI NOMOR 65 TAHUN 2017 TENTANG PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK))
16204080020_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek yang penting untuk kesuksesan manusia dimasa depan. Karakter yang kuat akan membentuk mental yang kuat. Sedangkan mental yang kuat akan melahirkan spirit yang kuat, pantang menyerah, berani mengalami proses panjang, serta menerjang arus badai yang bergelombang dan bahaya. Karakter yang kuat merupakan prasarat untuk menjadi seorang pemenang dalam medan kompetisi kuat seperti saat ini dan yang akan datang, yang terkenal dengan era kompetitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, dengan menggunakan angket tertutup, angket terbuka, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data untuk data angket tertutup menggunakan analisis statistik deskriptif, untuk data wawancara dan angket terbuka menggunakan analisis interaktif, sedangkan untuk data dokumen dengan menggunakan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pelaksanaan kebijakan program penguatan pendidikan karakter di MI Ma’arif Sendang Kulon Progo tergolong sangat baik dengan tingkat keterlaksanaan program mencapai 82.57% yang terdiri dari (1) perencanaan program penguatan pendidikan karakter dengan tingkat keterlaksanaan mencapai 83.06% yang didapatkan dari indikator adanya tim pengembang PPK, proses penyusunan program PPK, pembiayaan program PPK, penjadwalan program PPK, dan indikator keberhasilan serta daya dukung (2) pelaksanaan program PPK di MI Ma’arif Sendang Kulon Progo dengan tingkat keterlaksanaan mencapai 82.05% yang didapatkan dari indikator adanya pedoman pelaksanaan program PPK dan strategi pelaksanaan program PPK yaitu proses KBM, ekstrakurikuler, dan pembiasaan melalui budaya madrasah (3) evaluasi program penguatan pendidikan karakter di MI Ma’arif Sendang Kulon Progo dengan tingkat keterlaksanaan mencapai 82.58% yang didapatkan dari indikator adanya tim evaluasi program PPK, proses evaluasi (penyusunan instrumen penilaian keberhasilan program PPK, pengambilan dan pengolahan data, penyimpulan hasil evaluasi), dan tindak lanjut madrasah dari hasil evaluasi program PPK.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Kebijakan, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), dan MI
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:48
Last Modified: 18 Nov 2020 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41220

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum