PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN PENDEKATAN HUMANISTIK KELAS XI SMAN 8 YOGYAKARTA

SUGENG DHANIE, NIM: 1520411031 (2019) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN PENDEKATAN HUMANISTIK KELAS XI SMAN 8 YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN PENDEKATAN HUMANISTIK KELAS XI SMAN 8 YOGYAKARTA)
1520411031_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN PENDEKATAN HUMANISTIK KELAS XI SMAN 8 YOGYAKARTA)
1520411031_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah, khususnya SMAN 8 Yogyakarta lebih fokus pada penggalian prestasi akademik siswa. Padahal dunia remaja (pelajar) setingkat usia pelajar SMA sudah sangat kompleks. Diantara masalah yang muncul di lingkungan siswa SMA adalah pergaulan remaja, diantaranya berdampak negatif. Pendidikan di sekolah juga harus menguatkan aspek penanaman karakter baik. Untuk menguatkan pembelajaran dalam menanamkan karakter baik guru PAI bisa menggunakan pendekatan humanistik. Dalam pendekatan humanistik guru lebih memanusiakan siswa, memberikan ruang dengan leluasa agar siswa sejak di dalam proses pembelajaran, membiasakan diri menggali potensi diri tanpa intimidasi. Cara inilah yang memicu munculnya kepercayaan diri yang tinggi bagi siswa untuk lebih menggali potensi diri, belajar mandiri, tanpa paksaan yang berdampak pada kedekatan siswa dengan guru mata pelajaran, bukan hanya di dalam proses KBM, namun di luar KBM interaksi positif tersebut terus berlangsung. Cara inilah yang turut menguatkan peserta didik dalam pemahaman materi sekaligus menjadi modal guru PAI secara berlahan membantu sekolah dalam meminimalisir dampak negatif pergaulan remaja. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk memaparkan pendekatan humanistik dalam pembelajaran PAI serta pengaruhnya dalam meningkatkan nilai-nilai moral. Selain itu dalam penelitian ini juga membandingkan nilai pretest dan postest siswa untuk melihat keefektifan pendekatan humanistik untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan gain score untuk melihat sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan pendekatan humanistik. Hasil penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan pembelajaran PAI di SMA Negeri 8 Yogyakarta sudah menggunakan pendekatan humanistik. Hal ini terlihat dengan adanya implementasi aspek pendidikan humanistik pada pembelajaran diantaranya keinginan untuk belajar, belajar tanpa ancaman, dan belajar atas inisiatif sendiri. Lebih lanjut, guru PAI juga mempersiapkan langkah-langkah pembelajaran menggunakan pendekatan humanistik dengan baik. Dan terakhir ditandai dengan munculnya sikap siswa yang mencerminkan output dari pendidikan humanistik diantaranya menjalin dan menjaga ukhuwah, hati-hati dalam bertindak, memiliki rasa kasih sayang antar sesama, toleransi, peduli lingkungan dan peduli sosial. (2) hasil pembelajaran PAI menggunakan pendekatan humanistik terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran PAI. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan (gain score) hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran, dimana memperoleh peningkatan yang baik pada setiap kelas uji coba.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Khamim Zarkasi P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Humanistik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:48
Last Modified: 18 Nov 2020 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41239

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum